Minggu, 05/05/2024 - 03:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

PPDB SMA 2023 di Banten Berakhir, Ombudsman: 5.000-an Kursi Kosong

ADVERTISEMENTS

Sejumlah orang tua murid antre menyerahkan berkas untuk mendaftarkan masuk sekolah anaknya di SMAN 3 Tangerang, Tangerang, Banten. (ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 SERANG — Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023 jenjang sekolah menengah atas (SMA) di Banten telah berakhir. Ombudsman Perwakilan Banten mencatat total ada 5.413 kursi kosong di tahun ajaran 2023/2024 ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Data yang didapat dari Ombudsman menunjukkan bahwa SMA di Kabupaten Lebak memiliki jumlah kursi kosong yang terbanyak,” ujar Kepala Perwakilan Ombudsman Perwakilan Banten Fadli Afriadi saat dikonfirmasi Republika, Kamis (13/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kemudian, dia melanjutkan, kursi kosong banyak juga dilaporkan ada di kabupaten/kota lain di Banten. Ia memerinci kursi kosong di Kabupaten Lebak ada 1.785 kursi kosong, Kabupaten Serang 1.382 kursi kosong, Kabupaten Tangerang 712 kursi kosong, Kabupaten Pandeglang 669 kursi kosong. Kemudian, Kota Serang 470 kursi kosong, Kota Cilegon 227 kursi kosong, Kota Tangerang Selatan 158 kursi kosong, dan Kota Tangerang 10 kursi kosong. Total ada 5.413 kursi kosong.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Jasa Marga: 162 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabodetabek dari Arah Timur

“Jalur afirmasi merupakan penyumbang terbanyak kursi kosong pada PPDB SMA. Kami menduga jalur afirmasi yang paling banyak berkontribusi pada kursi kosong,” katanya. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ia mencontohkan, jika kuota afirmasi untuk 60 siswa, namun hanya lima hingga enam siswa yang diterima. Lebih lanjut, Fadli menyarankan bahwa jika kuota jalur afirmasi masih menyisakan kursi, seharusnya kursi-kursi tersebut dialihkan ke jalur zonasi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ombudsman Banten sangat menyayangkan adanya kursi kosong dalam penerimaan siswa SMA Negeri. Ombudsman Banten berpendapat penerimaan siswa seharusnya merata dan tidak ada kursi yang tersisa, mengingat setiap sekolah memiliki kuota rombongan belajar yang telah ditetapkan. Saat ini, dia melanjutkan, Ombudsman sedang mendorong Dinas Pendidikan Provinsi Banten untuk menyelesaikan masalah kursi kosong ini. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Heboh! Pria Tewas di dalam Freezer Mobil Pengangkut Es Krim, Polisi Beberkan Penyebabnya

“Kami berharap agar ribuan kursi kosong ini tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang berpotensi melakukan praktik gratifikasi atau membuka jalur siluman dalam PPDB,” katanya.

Fadli menambahkan, Ombudsman Banten juga mendorong Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk secara transparan menyampaikan kriteria dan mekanisme pengisian kursi-kursi ini agar PPDB dapat berjalan secara objektif dan akuntabel. 

 

In Picture: Hari Pertama Sekolah Siswa Tingkat SD

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi