Minggu, 05/05/2024 - 18:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

GADGETTEKNOLOGI

Dewan Uni Eropa Tetapkan Semua Baterai Ponsel Harus Bisa Diganti, Apa Manfaatnya?

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA—Aturan baru Dewan Eropa menetapkan semua ponsel yang dirilis di pasar Uni Eropa (UE) pada 2027 harus memiliki baterai yang dapat diganti. Selain itu, pabrikan ponsel perlu memastikan bahwa baterai dapat diganti tanpa memerlukan alat atau keahlian khusus.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Seperti dilansir GizChina, Ahad (16/7/2023), peraturan ini baru saja disahkan pada pekan ini. Jika pabrikan gagal mematuhi aturan tersebut, maka Dewan Eropa memastikan produk ponselnya tidak bisa beredar di pasar UE.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Undang-undang yang disahkan oleh Dewan Uni Eropa tidak secara eksklusif berlaku untuk pasar UE. Misalnya, Dewan Eropa mengeluarkan undang-undang seputar USB-C pada tahun lalu. Menurutnya, semua ponsel harus memiliki port USB-C pada 2024. Ini telah membuat Apple membuang port lightning-nya dan beralih ke USB-C untuk iPhone di semua wilayah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Oleh karena itu, undang-undang baru tentang baterai yang dapat diganti akan berdampak pada semua pasar. Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan fakta bahwa perusahaan seperti Apple, Google, dan Samsung tidak mendesain perangkat khusus untuk Eropa. Pabrikan tidak akan membuat ponsel versi eksklusif hanya untuk pasar UE.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Suka Lupa Waktu Saat Scrolling Media Sosial di Ponsel? Hat-Hati, Ini Bahayanya

Meneliti undang-undang yang diberlakukan oleh UE, Anda dapat melihat bahwa itu tidak hanya berkisar pada ponsel cerdas. Undang-undang ini juga akan mengubah laptop, tablet, e-Bikes, EV, dan apapun yang memiliki baterai isi ulang.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Jangan berharap untuk melihat perangkat dengan baterai yang dapat diganti dulu. Seperti disebutkan sebelumnya, masa tenggang untuk undang-undang baterai yang dapat diganti adalah hingga 2027. Hal itu memberikan cukup waktu bagi OEM untuk mendesain ulang produk dan proses pembuatannya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Namun, ada kemungkinan untuk melihat sedikit perubahan desain pada ponsel yang dirilis tahun depan. Namun, akan membutuhkan waktu yang cukup lama bagi produsen untuk memiliki desain, peralatan, dan rantai pasokan yang siap membuat ponsel dengan baterai yang dapat diganti dalam skala besar.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Selain itu, pabrikan perlu merancang desain yang akan mempertahankan beberapa fitur premium yang ada. Misalnya, mencapai peringkat IP68 pada perangkat dengan baterai yang dapat diganti menimbulkan tantangan yang signifikan. OEM bahkan mungkin perlu menaikkan harga ponsel karena desain baru dapat meningkatkan biaya produksi dengan margin yang sangat besar.

Berita Lainnya:
Membangun Koneksi Profesional Dinilai Sangat Penting untuk Pencari Kerja

Faktor lain yang akan menjadi tantangan bagi pabrikan adalah kaca belakang. Kini, ponsel hadir dengan panel belakang kaca yang direkatkan. Dan semua ponsel modern tidak memiliki baterai yang mudah diganti. Di masa lalu, ponsel hadir dengan bagian belakang plastik, yang memungkinkan pengguna melepas baterai dengan mudah. Jadi, apakah itu berarti kita akan melihat desain punggung yang baru?

Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah kita akan melihat pabrikan membuat beberapa perubahan substansial pada ponsel  mereka. Jika OEM dapat mengatasi hambatan ini secara efektif, kita mungkin melihat sedikit atau tidak ada perubahan pada keseluruhan desain ponsel.

Namun, tidak dapat disangkal bahwa perubahan ini akan menjadi kabar baik bagi konsumen. Akhirnya dimungkinkan untuk menggunakan ponsel yang sama selama bertahun-tahun tanpa perlu menghabiskan terlalu banyak uang untuk mengganti baterai. 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi