Kamis, 02/05/2024 - 11:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

PIS Beli Kapal Tanker Optimalkan Bisnis di Pasar Internasional

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — PT Pertamina International Shipping (PIS) menambah armadanya dengan pembelian kapal tanker medium range (MR) yang akan dioptimalkan untuk ekspansi bisnis potensial di pasar internasional.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Kapal tanker MR dengan kapasitas muatan mencapai 40.000 MT ini diberi nama PIS Sumatera. Penamaan diambil dari nama salah satu pulau di Indonesia, dengan tujuan untuk mempromosikan pulau-pulau di Indonesia saat kapal PIS berlayar di perairan mancanegara,” ucap Direktur Utama PIS Yoki Firnandi melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (17/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Yoki menjelaskan penambahan armada kapal tersebut merupakan salah satu strategi investasi PIS untuk meningkatkan pangsa pasar PIS, terutama di luar negeri. Kapal baru milik PIS itu dikelola oleh anak usaha PIS, yakni PIS Asia Pacific (PIS AP).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Perjanjian pembelian kapal yang bernilai 32,5 juta dolar AS tersebut ditandatangani oleh Managing Director PIS Asia Pacific Muhamad Resa dengan Asset Management Director Scorpio Tanker Inc Demetris Nenes di Singapura, Rabu (12/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
PIS Komitmen Tekan Emisi Karbon

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

PIS menjelaskan, kapal PIS Sumatera memiliki kapabilitas untuk mengangkut kargo chemical, dan clean product petroleum. Kapal itu diserahkan dari PIS ke anak usahanya, yakni PIS AP untuk dioperasikan dan dikomersialisasikan.

Penempatan kapal PIS Sumatera ke PIS AP merupakan salah satu upaya pengembangan pasar non-captive internasional. Sebelumnya PIS AP telah memiliki pengalaman mengkomersialisasikan kapal PIS seperti si kembar Pertamina Pride dan Pertamina Prime, PIS Polaris, PIS Paragon, dan lainnya yang sukses disewa oleh pemain global.

“Dengan strategi bisnis yang semakin matang, PIS akan terus berupaya mengembangkan lini bisnisnya untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan marine logistik terkemuka di Asia dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Yoki.

Berita Lainnya:
BYD Jadi Tenant Terbesar Pertama Manufaktur EV di Subang Smartpolitan

Sebelumnya, PIS juga telah melakukan perubahan nama atau rebranding untuk anak usahanya yang berkedudukan di Singapura, yaitu dari PIS Singapore menjadi PIS Asia Pacific (PIS AP) untuk lebih menjangkau pasar Asia Pasifik.

Rebranding ini tentunya dilakukan untuk kejelasan bahwa kantor di Singapura ini memang untuk melayani pasar Asia Pasifik, tidak hanya untuk pasar Singapura,” kata Yoki melalui keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Saat ini, PIS memiliki dua kantor cabang di luar negeri, yakni di Singapura dan Dubai. Dua kantor tersebut memiliki karakter pasar yang berbeda, untuk Asia Pasifik kapal-kapal yang dibutuhkan lebih untuk melayani komoditas refined products. Sementara untuk pasar Timur Tengah yang dipasarkan lebih banyak komoditas mentah.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi