Selasa, 30/04/2024 - 03:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Perdana Menteri Kishida Diperkirakan Akan Tandatangani Kontrak LNG di Qatar

ADVERTISEMENTS

Kilang LNG (ilustrasi).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

TOKYO — Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida tiba di Qatar sebagai destinasi terakhir turnya ke negara-negara Arab Teluk. Kunjungan-kunjungan itu difokuskan untuk mengamankan pasokan energi dan mempromosikan teknologi Jepang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kelompok lobi Jepang mendesak Kishida untuk mengamankan pasokan liquefied natural gas (LNG) baru dari Qatar. Ia akan bertemu Emir  Tamim bin Hamad al-Thani dan menteri energi negara dan CEO QatarEnergy Saad Al Kaabi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kishida disambut menteri ekonomi dan industri Qatar Sheikh Mohammed Bin Hamad Al-Thani di bandara. Jepang masih sangat mengandalkan minyak dan gas impor.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kunjungan Menlu Iran ke Suriah Bahas Serangan Israel

Tokyo belum memperpanjang kontrak jangka panjang LGN dengan Qatar saat berakhir pada 2021 dan 2022. Pasokan energi dari Qatar sebagai salah satu penghasil LGN terbesar di dunia pun dikurangi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Sementara pembeli Asia lainnya sudah menandatangani kontrak jangka panjang LNG dengan Qatar. Termasuk kesepakatan 27 tahun dengan importir Cina untuk ekspansi besar-besaran Doha di North Field yang menaikan produksi gas negara Arab Teluk itu lebih dari 60 persen.

“Koordinasi dengan Qatar sangat penting untuk stabilisasi pasar liquefied natural gas global,” kata kementerian luar negeri Jepang dalam pernyataannya mengenai pembicaraan di Qatar, Selasa (18/7/2023).

Perusahaan BUMN QatarEnergy mengatakan mereka berharap pada tahun 2023 bisa menandatangani kontrak pasokan untuk hampir semua volume North Field. Persaingan LNG meningkat sejak awal perang Ukraina tahun lalu, terutama Eropa yang membutuhkan pasokan alternatif dari Rusia.

Berita Lainnya:
Media Gaza: Statistik AS dan Israel Mengenai Bantuan tentang Bantuan Hanya Tipu-tipu

Setelah mengunjungi Qatar, Kishida akan datang ke Arab Saudi. Riyadh berkomitmen untuk mengamankan pasokan minyak ke Jepang dan terus bekerja sama dengan Tokyo di bidang hidrogen bersih, ammonia dan bahan bakar karbon daur ulang.

Di Abu Dhabi, Senin (17/7/2023) kemarin Kishida dan pemimpin-pemimpin Uni Emirat Arab menyepakati skema untuk mempercepat keamanan energi serta kerangka kerja investasi UEA pada teknologi cip dan baterai Jepang.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi