Sabtu, 04/05/2024 - 12:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Presiden Jokowi Apresiasi Perbaikan Jalan di Jawa Tengah Capai 88 Persen

ADVERTISEMENTS

 SRAGEN — Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, blusukan bareng meninjau perbaikan jalan Solo-Purwodadi yang berada di Kalijambe, Kabupaten Sragen pada Ahad (23/7/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Jokowi menjelaskan, perbaikan jalan Solo-Purwodadi termasuk dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023. Jokowi pun memuji kemantapan jalan di Jawa Tengah yang mencapai 88 persen, atau bagian dari jalan provinsi sepanjang 2.440 kilometer.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Jawa Tengah saya lihat kemantapan jalannya, jalan provinsinya bagus kalau saya bandingkan di Sumatra rata-rata 68 persen, di sini tadi dapat laporan sudah 88 persen,” ujar Jokowi di lokasi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Untuk nilai kontrak perbaikan jalan Solo-Purwodadi totalnya senilai Rp97,4 miliar dengan panjang 8,7 kilometer. Dana itu berasal dari alokasi DIPA perbaikan jalan dan infrastruktur nasional tahap I senilai Rp7,4 triliun 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Jokowi pun sempat mengungkapkan jalan Solo-Purwodadi sering dilewatinya sejak kecil. Persoalan jalan rusaknya pun tak kunjung usai lantaran konstruksi tanah jalan tersebut yang labil, sehingga perlu pengerjaan khusus.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Jokowi tak Bertemu Megawati Lebaran Tahun Ini, Begini Penjelasan KSP

Dengan perbaikan jalan Solo-Purwodadi yang menelan biaya cukup mahal, Jokowi menjamin kualitasnya baik dan memiliki ketahanan untuk jangka panjang. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Tapi memang khusus untuk jalan ini, ini memang saya dari kecil tiap hari saya lewat jalan ini tidak pernah beres. Tapi sekarang kalau konstruksi ini, memang dua kali lebih mahal tapi untuk pemakaian bisa lebih dari 10 tahun, sangat baik,” kata Jokowi.

Sementara itu Ganjar, ditemui bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang ikut mendampingi Jokowi, menyebut kemantapan jalan di Jawa Tengah yang mencapai 88 persen, hampir seluruhnya memiliki kualitas baik.

“Jawa Tengah sudah 88 persen jalan mantapnya jadi relatif juga baik. Maka beberapa daerah urgent ini yang kami propose ke Pak Basuki dan hari ini dipenuhi, mudah-mudahan jadi lebih bagus, konstruksinya juga rigid bagus sekali,” kata Ganjar.

Selama sepuluh tahun menjadi gubernur, Ganjar mengatakan telah menaikkan anggaran untuk perbaikan jalan dan infrastruktur di Jawa Tengah sebanyak 300 persen. Hal itu pun memicu naiknya tingkat kemantapan jalan keseluruhan.

Berita Lainnya:
Presiden Jokowi Berlabuh ke Partai Apa? Budi Arie: Warnanya Tunggu

Ganjar meminta jajarannya di tingkat kabupaten dan kota, untuk menyeimbangkan perbaikan jalan dengan pusat dan provinsi agar lebih banyak bantuan-bantuan yang dapat disalurkan.

Dengan begitu, lanjut Ganjar, masyarakat dapat menikmati dan merasakan hasil pembangunan yang dilakukan pemerintah. Sehingga dapat turut serta meningkatkan perekonomian warga.

“Kita dorong juga kawan-kawan di kabupaten kota kalau mau membereskan jangan tanggung-tanggung. Prioritaskan infrastruktur utama agar inline antara pusat, provinsi, kabupaten kota, bahkan sampai ke desa. Mudah-mudahan jadi lebih bagus untuk mengungkit ekonomi,” ucap Ganjar

Sebagai informasi, penanganan jalan di Provinsi Jawa Tengah melalui Inpres Nomor 3 Tahun 2023 meliputi jalan nasional sepanjang 1.522 kilometer dengan tingkat kemantapan 93,7 persen. Lalu jalan kabupaten dan kota sepanjang 27.243 kilometer, tingkat kemantapan jalannya yakni 79,9 persen.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi