Senin, 06/05/2024 - 21:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMISYARIAH

Keuangan Syariah Hadir Sebagai Penopang Utama Konsep Ekonomi Syariah

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Perencana Keuangan Syariah di Finansialku Harryka Joddy mengatakan, saat ini sistem keuangan syariah hadir sebagai penopang utama konsep ekonomi syariah, terutama di Indonesia. Dengan ruang lingkup industri syariah yang sangat luas, mulai dari ranah makanan halal, fashion, kosmetik, wisata, hotel, rumah sakit, dan lain sebagainya, semuanya membutuhkan produk dan jasa keuangan syariah seperti tabungan, kredit, investasi, asuransi, dan lain sebagainya. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Berbicara tentang konsep keuangan syariah, tentu kita harus memahami terlebih dahulu bahwa semua yang diterapkan di dalamnya harus mengacu pada prinsip-prinsip syariah dan dengan menggunakan dasar hukum Islam yang diambil dari Alquran dan hadis. Tidak hanya berlaku untuk sistemnya, tapi secara menyeluruh juga untuk semua pemangku kepentingan keuangan syariah dan produk-produk yang ada di dalamnya,” ujar Harryka kepada Republika, Rabu (16/8/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
IMF Nilai Vietnam Punya Banyak Peluang Ekonomi dari Digitalisasi
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Berdasarkan data dari Global Religius Future, Indonesia memang memiliki mayoritas penduduk beragama Islam yaitu sebesar 87,2 persen dari total jumlah penduduknya. Diperkirakan pada 2020 kemarin berjumlah 229 juta orang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Selain itu, semakin majunya teknologi juga membuat tingkat literasi penduduknya juga semakin meningkat. Salah satunya ditandai dengan banyaknya umat muslim yang menggunakan produk-produk islami di berbagai lini kehidupan atau yang biasa kita kenal dengan produk syariah. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Hal ini membuat Indonesia menjadi potensi pasar yang sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi syariah, juga dikuatkan dengan rilisan dari State of the Global Islamic Economy Report, dimana Indonesia pada tahun 2019/2020 menempati posisi peringkat 5 dunia untuk ekonomi syariah, naik 5 peringkat dari tahun sebelumnya,” ungkap Harryka.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Bos BI Beberkan 3 Kunci Keberhasilan Indonesia Kembangkan Sukuk

Di Indonesia sendiri, penegakan prinsip keuangan syariah langsung diawasi oleh MUI Pusat melalui Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). Dalam prakteknya, sampai saat ini DSN-MUI sudah mengeluarkan 130 fatwa tentang ekonomi, keuangan syariah, dan segala permasalahan kontekstualnya yang ada di Indonesia.  

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Melihat begitu banyaknya ruang lingkup keuangan syariah, maka bisa dipastikan bahwa potensi pasar keuangan syariah dan ekonomi syariah di Indonesia masih sangat besar dan banyak yang belum dioptimalkan,” ucapnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Untuk mendorong ekonomi syariah saat ini, lanjutnya, membutuhkan edukasi terus menerus terkait seluruh aspek. Selain itu juga harus dilakukan secara berkelanjutan bagi masyarakat agar tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah semakin naik setiap tahunnya.

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi