Sabtu, 04/05/2024 - 13:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Ini 8 Srikandi Pejuang yang Menginspirasi Kemerdekaan

ADVERTISEMENTS

J99 Corp merayakan HUT ke-78 Republik Indonesia bersama 78 orang perwakilan veteran perang kemerdekaan dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Kota Malang, Kamis (17/8/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Bangsa Indonesia tahun ini merayakan ulang tahun kemerdekaannya ke-78. Untuk meraih hal ini, berbagai kalangan dari beragam latar belakang turut berusaha dan bahu membahu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Di antara sejumlah sosok yang berjasa dibalik kemerdekaan ini, ada sejumlah Muslimah yang juga ikut mengerahkan pemikiran, ide dan tenaganya. Mereka terus bergerak agar mencapai kemenangan dan masa depan yang cerah.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Diambil dari berbagai sumber, berikut ini beberapa nama yang dimaksud:

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

1. Cut Nyak Dhien

Nama Cut Nyak Dhien sudah sangat dikenal sebagai pejuang dari Aceh. Ia termasuk yang berjuang dalam perjalanan melawan para penjajah secara langsung.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Presiden: Hari Kartini Lambang Perjuangan Perempuan

Dalam sejarah, sosok Cut Nyak Dhien disebut berhasil meningkatkan moral dan semangat masyarakat Aceh dalam melawan penjajah dari Belanda. Atas perjuangannya ini, pada 2 Mei 1962 ia ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

2. Opu Daeng Risaju

Berasal dari Sulawesi Selatan, Opu Daeng Risaju turut menantang penjajahan yang dilakukan Belanda. Ia membantu mobilisasi para pemuda yang melakukan perlawanan terhadap tentara NICA.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Muslimah ini dikenal dengan nama lainnya Famajjah. Semasa kecil ia belajar ilmu agama, seperti mengkaji Alquran dan mempelajari ilmu fiqih yang ditulis oleh tokoh penyebar agama Islam di Sulawesi Selatan, Khatib Sulaweman Datung Patimang.

Ia juga disebut tidak pernah mengenyam pendidikan formal. Opu Daeng Risaju baru mengenal dan mempelajari bidang politik saat tergabung aktif sebagai anggota Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII).

Berita Lainnya:
Muslim Meninggal dalam Keadaan Berutang, Apa yang Terjadi di Akhirat?

3. R.A Kartini

Lahir di Jepara, sosok Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat adalah pahlawan yang sangat dikenal memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia kala itu. Salah satu landasan perjuangannya adalah ketimpangan sosial yang dirasakan perempuan dan laki-laki Jawa.

Ia lantas berjuang membela perempuan agar bisa mendapatkan hak yang sama, salah satunya adalah kebebasan mengenyam pendidikan. Karya-karya pemikiran dan perjuangannya yang lain diabadikan dalam sebuah buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang.

4. Sultanah Safiatuddin

Lahir di daerah yang sama dengan Cut Nyak Dhien, Sultanah Safiatuddin juga merupakan salah satu pejuang kemerdekaan. Ia tercatat sebagai pemimpin wanita pertama di Kesultanan Aceh Darussalam, setelah suaminya Sultan Iskandar Tsani wafat pada 1641 M.

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi