Kamis, 02/05/2024 - 08:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Kedermawanan Sayyidah Aisyah yang Tak Pernah Simpan Rezekinya

ADVERTISEMENTS

Kedermawanan Sayyidah Aisyah yang Tak Pernah Simpan Rezekinya. Foto: Sedekah (ilustrasi)

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Istri Rasulullah ﷺ, Aisyah radhiyallahu’anha sosok orang yang dermawan dan juga pemalu. Dia pun disebut tak pernah menyimpan rizki yang didapat, semuanya digunakannya untuk bersedekah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Seperti dikutip dari buku the Wonderful Ummahatul Mukminin oleh Erlan Iskandar, Urwah bin Zubair mengatakan, “Aisyah tidak pernah menyimpan sedikitpun rezeki dari Allah yang diterimanya. Semuanya ia sedekahkan.” (Ash Shimthuts Tsamin) 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Urwah juga bercerita, “Aisyah pernah membagi-bagikan uang 70 ribu dirham (senilai dengan harga membeli lebih dari 24 ribu Kambing – 12 Milyar Rupiah), padahal saat itu Aisyah memakai baju panjang yang ia sendiri menambalnya.” (Thabagat Ibnu Sa’ad) 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kisah Lansia yang Selalu Baca Surat Al Ikhlas dalam Sholat, Bolehkah?

Aisyah selalu senang jika bisa berbagi. Bahkan ketika ia hanya memiliki sebutir kurma pun, tetap ia bagikan pada yang membutuhkan. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim, ada seorang ibu bersama dengan dua anak perempuannya mendatangi Aisyah. Mereka tak mendapatkan apapun dari Aisyah melainkan hanya sebutir kurma. Lantas, sebutir kurma itupun diberikan Aisyah kepada ibu tersebut. Sang ibu pun kemudian membagikan kurmanya kepada dua anak perempuannya. Melihat kejadian itu, Aisyah pun kagum kepada ibu tersebut. 

Muslim memang kagum kepada sang ibu yang membagikan kurma kepada dua anaknya, meskipun sang ibu tidak mendapat bagian. Namun, seharusnya lebih kagum kepada Aisyah, yang memberikan satu-satunya kurma yang dimilikinya. 

Di samping itu, kamar Aisyah dijadikan sebagai tempat dikuburkannya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Bakar As Shiddiq. Tatkala berada di dalam rumahnya, Aisyah melepas jilbab dan tak memakai pakaian lengkap. 

Berita Lainnya:
Bukti Nabi Muhammad Penyabar dan tidak Mudah Marah

Ketika Umar bin Khattab meninggal dunia dan dimakamkan di samping kuburan Nabi dan Abu Bakar, maka Aisyah selalu memakai jilbab lengkap meskipun berada di dalam rumahnya. 

Mengapa demikian? Aisyah menjelaskan, 

“Sesunguhnya yang ada di kamarku ini hanyalah suamiku dan ayahku. Tatkala Umar meninggal, tidaklah aku masuk ke dalam rumah melainkan menutup rapat pakaianku karena malu dengan Umar.” (HR. Hakim) 

Padahal Umar sudah meninggal dunia dan berada dalam kuburnya. Namun Aisyah mengenakan pakaian lengkap karena malu. Begitu besar rasa malu dari ibunda, Bunda Aisyah radhiyallahu ‘anha. 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi