Selasa, 30/04/2024 - 03:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

AS Lawan Perusahaan yang Ingin Lakukan Ekspedisi ke Titanic

ADVERTISEMENTS

 NORFOLK — Pemerintah Amerika Serikat (AS) berupaya menghentikan rencana ekspedisi untuk mengambil benda-benda bersejarah dari Titanic yang karam. Pelarangan ini merujuk kepada undang-undang federal dan perjanjian internasional yang menganggap kapal karam itu sebagai kuburan suci.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Ekspedisi ini diselenggarakan oleh RMS Titanic Inc (RMST), perusahaan berbasis di Georgia yang memiliki hak penyelamatan kapal karam paling terkenal di dunia. Perusahaan ini memamerkan artefak yang ditemukan dari lokasi bangkai kapal di dasar Atlantik Utara, mulai dari peralatan makan perak hingga bagian lambung kapal Titanic.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Pertikaian ini berlangsung di Pengadilan Distrik AS di Norfolk, Virginia, yang mengawasi masalah penyelamatan Titanic. Masalah ini bergantung pada hukum federal dan perjanjian dengan Inggris untuk memperlakukan Titanic yang tenggelam sebagai peringatan bagi lebih dari 1.500 orang yang tewas. Kapal itu menabrak gunung es dan tenggelam pada 1912.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

AS berpendapat bahwa memasuki lambung kapal Titanic yang terpenggal diatur oleh undang-undang federal dan perjanjiannya dengan Inggris. Salah satu kekhawatiran pemerintah adalah kemungkinan terganggunya artefak dan sisa-sisa manusia yang mungkin masih ada.

ADVERTISEMENTS

“RMST tidak bebas untuk mengabaikan undang-undang federal yang berlaku secara sah ini, tapi itulah maksudnya,” kata pengacara AS dalam dokumen pengadilan yang diajukan pada pekan lalu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
28 Kedutaan Besar Israel di Seluruh Dunia Ditutup, Akibat Tujuh Pejabat Garda Revolusi Iran tewas

Pemerintah AS menjelaskan, kapal karam itu akan kehilangan perlindungan yang diberikan Kongres. Menurut laporan yang diajukan ke pengadilan pada Juni, ekspedisi RMST untuk sementara direncanakan pada Mei 2024.

Perusahaan RMST mengatakan, berencana untuk mengambil gambar seluruh bangkai kapal. Hal ini termasuk dalam bangkai kapal yang kerusakannya telah membuka jurang yang cukup untuk memungkinkan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh. Kendaraan itu nantinya dapat menembus lambung kapal tanpa mengganggu struktur yang ada saat ini.

RMST menyakinkan akan menemukan artefak dari puing-puing dan mungkin menemukan benda-benda yang berdiri bebas di dalam bangkai kapal. “Benda-benda dari dalam ruang Marconi, tetapi hanya jika benda-benda tersebut tidak ditempelkan pada bangkai kapal itu sendiri,” ujar perusahaan tersebut.

Ruang Marconi menyimpan radio kapal yang merupakan mesin telegraf nirkabel Marconi yang menyiarkan sinyal marabahaya Titanic setelah kapal laut itu menabrak gunung es. Pesan-pesan dalam kode Morse diterima oleh kapal lain dan stasiun penerima di darat, membantu menyelamatkan nyawa sekitar 700 orang yang melarikan diri dengan sekoci. Terdapat 2.208 penumpang dan awak dalam pelayaran perdana Titanic dari Southampton di Inggris menuju New York di AS.

“Saat ini, perusahaan tidak bermaksud untuk memotong atau melepaskan bagian mana pun dari bangkai kapal tersebut,” kata RMST.

Berita Lainnya:
Jepang Ungkap Detail Biaya untuk Perangi Rendahnya Angka Kelahiran

Perusahaan tersebut mengatakan, akan bekerja secara kolaboratif dengan National Oceanic and Atmospheric Administration, badan AS yang mewakili kepentingan masyarakat terhadap bangkai kapal tersebut. Namun, RMST menekankan tidak bermaksud untuk meminta izin.

Pengacara Pemerintah AS mengatakan, perusahaan tersebut tidak dapat melanjutkan usahanya tanpa adanya izin. RMST dinilai memerlukan persetujuan dari Menteri Perdagangan AS yang mengawasi NOAA.

Perusahaan belum mengajukan tanggapan di pengadilan. Namun, dalam kasus-kasus sebelumnya, mereka telah menantang konstitusionalitas upaya AS untuk melanggar hak penyelamatan kapal karam di perairan internasional.

Firma tersebut berpendapat bahwa hanya pengadilan di Norfolk yang memiliki yurisdiksi dan menunjukkan preseden hukum maritim selama berabad-abad. RMST menegaskan kembali pendiriannya dalam sebuah pernyataan pada Selasa (29/8/2023), pengadilan memberikan hak penyelamatannya tiga dekade lalu. Sejak itu, perusahaan tersebut mengatakan telah menemukan dan melestarikan ribuan artefak Titanic yang telah dilihat jutaan orang.

“Perusahaan akan melanjutkan pekerjaannya, dengan penuh hormat melestarikan kenangan dan warisan Titanic, penumpang dan awaknya untuk generasi mendatang,” kata RMST.

Sebelum kasus terbaru ini, pemerintah AS dan RMST terlibat dalam perselisihan hukum pada 2020. Masalah ini hampir sama mengenai usulan ekspedisi yang bisa saja menghancurkan kapal tersebut. Namun, prosesnya terhenti karena pandemi virus korona dan tidak pernah sepenuhnya berjalan.

sumber : AP

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi