Jumat, 24/05/2024 - 08:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Di Maluku, Prabowo: Hari Ini Kita tidak Bicara Politik, Kita Bahas Air 

 JAKARTA — Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan 16 titik air bersih untuk memenuhi kebutuhan warga di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku, Senin (4/9/2023). Dalam kesempatan itu, Prabowo enggan berbicara politik meski salah satu partai pendukungnya, PKB, baru saja meninggalkannya untuk mendukung kandidat capres lain. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

“Hari ini kita tidak bicara politik, kita bicara air ya,” ujar Prabowo usai meresmikan titik air bersih di Desa Werwaru, Pulau Moa, sebuah pulau yang lokasinya dekat dengan Timur Leste. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Kandidat capres dari Partai Gerindra itu mengatakan, saat ini masalah air sangat penting mengingat ada potensi terjadinya kekeringan akibat musim kemarau. Karena itu, Prabowo sebelumnya mengirimkan tim survei dari Kementerian Pertahanan dan Universitas Pertahanan ke Pulau Moa untuk menemukan titik air bersih. 

Berita Lainnya:
Gerindra Masih Berupaya Wujudkan Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Tim utusan Prabowo itu berhasil menemukan dan membuat  11 sumur air bersih yang berada di desa desa dan empat dusun, lalu ditambah lima sumur lama, serta satu sunber air gunung.

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Kita bangga tim berhasil dan membantu warga, ternak dan nantinya bisa untuk pertanian. Ke depan, semoga fasilitas dijaga dengan baik,” kata Prabowo, dikutip dari keterangan tertulisnya yang diterima Republika di Jakarta. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Prabowo menjelaskan, pencarian titik air di Pulau Moa ini merupakan respons atas keluhan masyarakat ketika dirinya mendampingi Presiden Jokowi mengunjungi Pulau Moa pada 15 September 2022 lalu. Ketika itu, peternak kerbau dan kuda mengeluhkan sulitnya mendapatkan air besih sehingga membuat banyak ternak mati akibat dehidrasi. 

Berita Lainnya:
Prabowo Anggap Enteng Pertumbuhan Ekonomi RI Capai 8 Persen

“Presiden beri petunjuk, saya sebagai Menhan. Di bawah saya ada Unhan RI. Ada fakultas teknik dan ahli-ahli khusus di bidang air. Karena itu saya langsung memberi perintah untuk segera dibentuk satuan tugas air dan berangkat ke Pulau Moa untuk mengatasi kekurangan air,” kata purnawirawan letnan jenderal TNI AD itu. 

ADVERTISEMENTS

Prabowo mengapresiasi kerja keras yang dilakukan tim dari Unhan RI. “Jadi sebenarnya pujian ini untuk para insinyur ini. Terima kasih pada mereka, bukan Prabowo, saya hanya meneruskan perintah Presiden,” ujarnya. 

ADVERTISEMENTS

Usai acara peresmian, Prabowo menyempatkan diri untuk menemui warga yang berada di sekitar lokasi. Mantan Danjen Kopassus itu juga bermain air bersama anak menggunakan air dari sumur yang baru diresmikan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi