Senin, 06/05/2024 - 11:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Misi Sukses, India ‘Tidurkan’ Penjelajah Bulan Chandrayaan 3

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA – India mengistirahatkan penjelajah bulannya, Chandrayaan-3 atau Pragyaan, setelah menyelesaikan tugasnya mencapai kutub selatan bulan. Badan penelitian luar angkasa India (ISRO) mengumumkan bahwa penjelajah tersebut akan disetel ke mode tidur.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Pengumuman ini datang hanya beberapa jam setelah kepala ISRO mengonfirmasi penjelajah dan pendarat misi bulan, ‘Pragyaan’ dan ‘Vikram’, masing-masing berfungsi dengan baik.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Rover menyelesaikan tugasnya. Sekarang diparkir dengan aman dan diatur ke mode tidur. Muatan APXS dan LIBS dimatikan. Data dari muatan ini ditransmisikan ke Bumi melalui Lander,” kata ISRO dalam sebuah postingan di platform media sosial X, seperti dilansir Times of India, Selasa (5/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Direktur project Chandrayaan-3, P Veeramuthuvel, mengatakan bahwa Pragyaan dan Vikram akan diatur ke mode tidur pada Ahad atau tepatnya hari ke-12 sejak India mencapai soft-landing bersejarah di permukaan bulan. Menurut dia, mode tidur hanya akan diberlakukan sehari, karena ada beberapa tes yang perlu dilakukan.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Kementerian ESDM Sebut Indonesia tak Impor Migas Iran, Sumber Energi Aman?

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Jika kita melihat secara khusus pada penjelajah, kita telah berhasil menempuh lebih dari 100 meter hanya dalam 10 hari, sementara beberapa misi lain yang telah berlangsung lebih lama, bahkan selama enam bulan, hanya berhasil mencapai 100-120 meter,” kata Veeramuthuvel.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia juga cukup yakin, penjelajah Chandrayaan 3 akan tetap berfungsi setelah mode tidur. Pasalnya, menurut dia, baterai Chandrayaan 3 sudah terisi penuh dan alat penerimanya juga tetap aktif. “Kami berharap kebangkitan yang sukses untuk serangkaian tugas lainnya. Atau, itu akan berada selamanya di sana sebagai duta Bulan India,” kata ISRO.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Veeramuthuvel menjelaskan, mode tidur diaktifkan lebih awal, karena usia pendarat dan penjelajah yang dirancang adalah 14 hari di Bumi. “Kami tidak bisa menghitung dua hari pertama dan terakhir,” kata dia.

Berita Lainnya:
Kosmonaut Suriah Pertama yang ke Luar Angkasa, Muhammed d Faris Meninggal Dunia

Hari bulan dimulai pada tanggal 22 Agustus dan pendaratan Chandrayaan-3 hampir di penghujung hari kedua. Dari sana, baik Vikram maupun Pragyan telah bekerja dengan luar biasa melebihi harapan kami. “Semua tujuan misi telah tercapai dan kami memasuki mode tidur pada Ahad,” kata dia.

Dalam masa hidupnya yang singkat di Bulan, Pragyan dilaporkan telah menyelesaikan perjalanan lebih dari 100 meter pada tanggal 2 September, yang menandai hari ke-10 penyebarannya, yang terjadi pada pagi hari tanggal 24 Agustus, beberapa jam setelah pendaratan lunak Vikram pada tanggal 23 Agustus.

“Jika kita melihat secara khusus pada penjelajah, kita telah berhasil menempuh lebih dari 100 meter hanya dalam 10 hari, sementara beberapa misi lain yang telah berlangsung lebih lama, bahkan selama enam bulan, hanya berhasil 100-120 meter,” jelas Veeramuthuvel.

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi