Kamis, 02/05/2024 - 07:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Kepada Wapres AS, Jokowi Tegaskan ASEAN Ingin Jaga Perdamaian Indo-Pasifik

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA – Presiden Joko Widodo memimpin KTT ASEAN-Amerika Serikat (AS) yang digelar di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (6/9/2023). Dalam pertemuan tersebut, pihak AS dipimpin Wakil Presiden Kamala Harris.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Kepada Kamala Harris, Jokowi menyampaikan, ASEAN akan terus memainkan perannya untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik. “Yang Mulia, ASEAN telah sepakat terus menjalankan fungsinya sebagai lokomotif perdamaian dan stabilitas kawasan, di mana Indo-Pasifik harus menjadi platform untuk kolaborasi,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Oleh sebab itu, ASEAN mengajak AS untuk menjadi positive force dalam menciptakan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera melalui kerja sama konkret yang inklusif,” tambah Jokowi.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

KTT ASEAN ke-43 telah menggemakan tentang kesatuan dan sentralitas ASEAN. ASEAN enggan terseret dalam perebutan pengaruh di Indo-Pasifik yang melibatkan negara-negara kekuatan besar, terutama AS dan Cina.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Brutalnya Serangan Israel di Tepi Barat

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Saat membuka KTT ASEAN pada Selasa (5/9/2023) lalu, Jokowi menegaskan, ASEAN tidak akan menjadi proksi pihak mana pun. Dia juga meminta agar ASEAN tidak dijadikan arena rivalitas.

Sementara itu dalam sambutannya di KTT ASEAN-AS, Kamala Harris mengungkapkan, AS memiliki komitmen jangka panjang terhadap Asia Tenggara dan lebih luas lagi terhadap Indo-Pasifik. “Rakyat Amerika mempunyai kepentingan besar dalam masa depan Indo-Pasifik. Kami berbagi ikatan bersejarah dan nilai-nilai yang sama dengan banyak orang dan negara di sini,” kata Kamala.

Kamala menyebut, ASEAN merupakan pusat komitmen AS terhadap Indo-Pasifik. Sebagaimana ditegaskan dalam strategi Indo-Pasifik AS, kami berkomitmen terhadap sentralitas ASEAN dan saya senang bahwa visi kolektif kami untuk Indo-Pasifik memiliki keselarasan yang kuat,” ujarnya.

Saat membuka KTT ASEAN pada Selasa lalu, Jokowi menyampaikan saat ini dunia sedang tidak baik-baik saja. Perebutan pengaruh antara negara kekuatan besar sedang berlangsung. Namun Jokowi menegaskan ASEAN sudah sepakat untuk tidak menjadi proksi bagi kekuatan mana pun.

Berita Lainnya:
Rencana Pengambilalihan Golkar dan PDIP yang Diungkap Hasto dan Dibantah Jokowi

“Jangan jadikan kapal kami, ASEAN sebagai arena rivalitas yang menghancurkan. Tapi jadikan kapal ASEAN sebagai ladang untuk menumbuhkan kerja sama, untuk menciptakan kemakmuran, menciptakan stabilitas, menciptakan perdamaian yang tidak hanya bagi kawasan tetapi juga dunia,” kata Jokowi.

Dalam sambutannya, Jokowi juga sempat menekankan tentang persatuan ASEAN. “Akhir akhir ini saya sering mendengar pernyataan publik terkait ASEAN, yaitu apakah ASEAN akan terpecah dan tidak bisa bersatu? Apakah kapal ASEAN mampu terus melaju?” ucapnya.

“Pada momentum ini, sebagai anggota keluarga dan ketua ASEAN saya ingin menegaskan, kesatuan ASEAN masih terpelihara dengan baik,” ujar Jokowi menambahkan. 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi