Selasa, 30/04/2024 - 23:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Sekjen PBB Berharap G20 Hasilkan Reformasi Sistem Keuangan Global

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan ia yakin India akan memastikan kesenjangan geopolitik dapat diatasi. Ia mengatakan hasil pertemuan G20 di New Delhi dapat memberikan hasil.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Tentu saja, ada beberapa pertanyaan yang bagi saya sangat penting. Salah satunya adalah memiliki pesan yang jelas mengenai tiga bentuk arsitektur keuangan internasional agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan dunia saat ini,” kata Guterres menjawab pertanyaan tentang presidensi India di G20 tahun, Kamis (7/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dalam konferensi pers di Pertemuan Puncak ASEAN di Jakarta, Guterres juga mengatakan penting menciptakan kondisi bantuan yang mendalam dan akses terhadap pendanaan lunak jangka panjang. Langkah ini memungkinkan negara-negara berkembang dapat mengatasi dampak Covid-19 dan perang di Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Mantan Presiden Taiwan Berkunjung ke Beijing
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Dan banyak situasi lain yang membuat banyak negara berkembang berada di ambang kesulitan, kesusahan, dan situasi di mana mereka tidak memiliki ruang fiskal,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Dalam kesempatan ini Guterres mengatakan ia berharap dapat melihat bagaimana negara-negara berkembang dan negara-negara maju yang berkumpul dalam G20. Sebagai upaya mencapai pendekatan yang bersatu dalam meningkatkan ambisi mengurangi emisi efek rumah kaca.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Karena kita menghadapi situasi iklim yang sangat buruk dan kemudian dengan sabar memberikan keadilan untuk menyediakan sumber daya yang dibutuhkan negara-negara berkembang untuk aksi iklim dalam adaptasi dan mitigasi,” katanya.

Mengenai masuknya Uni Afrika di G20, Guterres menjawab PBB memiliki kemitraan yang sangat solid dengan Uni Afrika. Afrika memiliki masalah serius dalam hal representasi di lembaga-lembaga internasional saat ini.

Berita Lainnya:
Pengamat: Barat Kecam Iran, Abaikan Provokasi Israel

“Ketika lembaga-lembaga tersebut didirikan, benua Afrika dan beberapa negara merdeka, sebagian besar negara tersebut masih berada di bawah rezim kolonial,” katannya.

“Maka Afrika adalah korban ganda dari kolonialisme, dari kolonialisme itu sendiri dan kemudian fakta bahwa ketika PBB didirikan, sistem Bretton Woods juga didirikan. Negara-negara Afrika tidak ada di sana,” tambahnya.

Jadi itulah, katanya mengapa ia sangat mendukung kehadiran negara Afrika, setidaknya sebagai anggota tetap Dewan Keamanan. Menurutnya sangat penting untuk mereformasi sistem Bretton Woods agar Afrika memiliki partisipasi yang lebih kuat.

“Dan tentu saja, saya akan sangat senang melihat Uni Afrika sebagai anggota G 20,” kata Guterres.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi