Jumat, 03/05/2024 - 04:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Wanita dengan PCOS Berisiko Lebih Tinggi Alami Tekanan Darah Tinggi

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA – Sindrom polikistik ovarium atau PCOS merupakan gangguan hormon yang terjadi pada wanita di usia subur, yang umumnya ditandai dengan gangguan siklus menstruasi. Studi sebelumnya telah mengungkap bahwa penderita PCOS tiga kali lebih mungkin menderita diabetes tipe 2. Namun, apakah ada hubungan antara PCOS dan tekanan darah?

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Dokter spesialis kandungan di CK Birla Hospital, Dr Astha Dayal, mengatakan bahwa kondisi PCOS merupakan faktor risiko tekanan darah tinggi. Itu mungkin disebabkan tingginya tingkat androgen dalam tubuh wanita.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

 “Wanita dengan PCOS memiliki peluang 40 persen lebih tinggi untuk mengalami tekanan darah tinggi. Namun, para ahli mengatakan bahwa tidak semua wanita dengan PCOS berisiko terkena tekanan darah tinggi,” kata dia.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Mau Cek Kaki Ceper atau tidak, Dokter: Coba Jinjit
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Konsultan senior di BLK-Max Super Speciality Hospital India, Dr Tripti Sharan, menjelaskan bahwa sebagian besar kasus PCOS disebabkan oleh kondisi resistensi insulin. Itu kemudian mengakibatkan kadar insulin tinggi, lalu memicu kenaikan berat badan, ketidakteraturan menstruasi, dan kadar androgen yang tinggi.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Semua ini juga menyebabkan peningkatan lemak jahat seperti trigliserida. Sebagian besar dari faktor-faktor ini, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan risiko komplikasi kardiovaskular,” kata Sharan seperti dilansir Indian Express, Senin (11/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Komplikasinya Bisa Rusak Saraf, Ginjal, Hingga Jantung, Seperti Apa Gejala Awal Diabetes?

Untuk menjaga tekanan darah penderita PCOS tetap terkendali, ada beberapa hal yang penting dilakukan. Pertama, menerapkan pola hidup sehat termasuk membatasi karbohidrat, lemak jenuh, dan natrium dalam makanan akan membantu mengurangi tekanan darah.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Anda juga harus menghindari atau menyetop kebiasaan merokok dan alkohol, mengelola stres, dan menerapkan siklus tidur yang baik,” jelas dr Dayal.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Kedua, olahraga teratur. Jenis olahraga yang dilakukan haruslah campuran dari olahraga kardio seperti berlari, bersepeda, berenang, aerobik, lompat tali, atau menari. Individu dengan PCOS juga disarankan untuk mengangkat beban 2-3 kali dalam sepekan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi