Jumat, 03/05/2024 - 04:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AMERIKAINTERNASIONAL

Kolombia Negara Paling Mematikan Bagi Aktivis Lingkungan, 60 Orang Tewas

ADVERTISEMENTS

Kolombia negara paling mematikan bagi aktivis lingkungan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 BOGOTA — Organisasi advokasi asal Inggris, Global Witness mengatakan Kolombia negara paling mematikan bagi aktivis lingkungan. Pada tahun 2022 setidaknya 60 aktivis lingkungan dan lahan adat tewas dibunuh.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Global Witness menemukan setidaknya 177 aktivis lingkungan di seluruh dunia dibunuh pada tahun 2022. Amerika Latin menyumbang 88 persen serangan mematikan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Di Kolombia dan tempat lain, masyarakat adat, komunitas keturunan Afrika, petani skala kecil dan aktivis lingkungan menjadi target kejahatan,” kata penasihat senior Kampanye Pembela Hak Tanah Adat dan Lingkungan Global Witness Laura Furones dalam konferensi pers, Selasa (12/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Temuan ini membawa kembali Kolombia ke puncak daftar negara paling mematikan bagi para aktivis lingkungan setelah angka pembunuhan menurun pada tahun 2021 dibandingkan tahun 2019 dan 2020. Sejak berkuasa pada Agustus tahun lalu, pemerintahan Presiden Gustavo Petro berjanji untuk meningkatkan upaya untuk menghentikan kekerasan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
KJRI Pulangkan Dua Jenazah WNI Korban Kebakaran di Hong Kong

“Ini benar-benar statistik yang memalukan bagi negara ini,” kata Menteri Lingkungan Hidup Susana Muhamad melalui pesan video.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Temuan ini akan membuat pemerintahan Petro frustasi. Pada bulan Oktober tahun lalu pemerintah Kolombia mengesahkan undang-undang yang meratifikasi perjanjian Escazu mengenai perlindungan lingkungan hidup.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Perjanjian yang diadopsi di wilayah Escazu di Kosta Rika pada bulan Maret 2018, mencakup ketentuan untuk melindungi aktivis lingkungan. Undang-undang tersebut belum disetujui Mahkamah Konstitusi Kolombia.

Berita Lainnya:
Pria di Korea Bunuh 76 Kucing dan Dipenjara 14 Bulan, Apa Penyebabnya Tega Melakukan Itu?

“Ratifikasi perjanjian Escazu oleh Mahkamah Konstitusi merupakan hal yang mendasar, hal ini akan sangat mendukung kami dalam perlunya melindungi para pembela lingkungan hidup,” kata Muhamad.

Seorang juru bicara mengatakan batas waktu bagi Mahkamah Konstitusi menganalisis undang-undang tersebut ditangguhkan sementara Mahkamah Konstitusi menunggu menerima bukti yang diminta pada bulan Agustus.

Laporan Global Witness menyebutkan Brasil dan Meksiko adalah negara kedua dan ketiga yang paling mematikan bagi para aktivis lingkungan hidup pada tahun 2022. Masing-masing terjadi 34 dan 31 pembunuhan.

Global Witness mengatakan dua negara bukan Amerika Latin yang masuk dalam 10 negara paling berbahaya bagi aktivis lingkungan adalah Filipina dan Indonesia

 

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi