Selasa, 30/04/2024 - 08:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Gulkarmat: Bagian Museum Nasional yang Terbakar adalah Ruang Pameran Koleksi

ADVERTISEMENTS

   JAKARTA — Kebakaran yang melanda Gedung Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah di Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (16/9/2023) malam meluluhlantakkan ruang pameran di Gedung A Museum Nasional Indonesia. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Objek yang terbakar adalah Gedung Blok A atau ruang pameran koleksi museum,” kata Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta Satriadi Gunawan kepada Republika, Sabtu (16/9/2023). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Satriadi menjelaskan, kebakaran tersebut terjadi pada sekira pukul 20.00 WIB. Hingga tengah malam, tim pemadam kebakaran terus melakukan upaya pendinginan. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Situasi dan status kebakaran proses pendinginan (kuning). Waktu dilokalisir pukul 20.40 WIB, dan waktu pendinginan pukul 21.37 WIB,” tutur dia. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Gibran Beri Respons soal Kritikan Pedas Hasto, Mulai dari Diibaratkan Bagai Sopir Truk Kecelakaan di Tol Halim hingga PDIP Khilaf Dukung Gibran Jadi Wali Kota

Dalam upaya pemadaman si jago merah, sebanyak 14 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan, bersama dengan 56 personel pemadam kebakaran. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Terpisah, pihak Museum Nasional Indonesia (MNI) dalam siaran pers sementara, dikutip dari akun instagram resminya, @museumnasionalindonesia menyampaikan bahwa MNI memiliki tiga bagian. Yakni gedung A, gedung B, dan gedung C. 

“Saat ini kebakaran terjadi di belakang Gedung A, dan sampai dengan jam 21.45 sudah berangsur dilokalisir oleh petugas pemadam kebakaran. Bekerjasama dengan pihak yang berwajib MNI sedang melakukan pengamanam lebih lanjut,” tulisnya. 

Berita Lainnya:
Quantum Computing: Pahami Lebih Jauh dengan Kuliah di UNM

MNI menyampaikan bahwa saat ini prioritas utama adalah perlindungan artefak berharga dan benda-benda sejarah yang ada di dalam museum. Petugas pemadam kebakaran sedang bekerja dengan upaya maksimal untuk memadamkan api dan menghindari kerusakan terhadap koleksi dan benda sejarah. 

“Kami akan langsung mengerahkan tim investigasi internal untuk menentukan penyebab pasti kebakaran serta melakukan pendataan terhadap koleksi baik yang terdampak maupun yang sudah diamankan. Kami akan bekerjasama dengan pihak berwenang untuk memastikan bahwa investigasi ini berjalan dengan transparan,” jelasnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi