Selasa, 30/04/2024 - 11:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kemenhub Resmikan Terminal Barang Internasional Motaain di Perbatasan Timor Leste

ADVERTISEMENTS

Kementerian Perhubungan meresmikan Terminal Barang Internasional (TBI) Motaain di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Ahad (17/9/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meresmikan Terminal Barang Internasional (TBI) Motaain di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Ahad (17/9/2023). Terminal Motaain merupakan salah satu dari pembangunan tujuh Pos Lintas Batas Negara Terpadu dan Sarana Prasana Penunjang di Kawasan Perbatasan dengan melakukan pembangunan TBI di kawasan Pos Lintas Batas Negara.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno mengatakan, tujuh Pos Lintas Batas tersebut salah satunya adalah Terminal Barang Internasional Motaain yang segera dioperasionalkan dengan tujuan memperlancar arus barang NKRI ke Timor Leste dan sebaliknya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS

Adapun enam TBI lain yang telah dibangun di perbatasan negara lainnya yaitu Entikong, Nanga Badau, dan Aruk di perbatasan Kalimantan Barat dan Malaysia, Skow di perbatasan Papua dan Papua Nugini serta Wini dan Motamasin yang sedang dalam tahap proses pembangunan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Harga Suku Cadang Kendaraan Naik Hingga 40 Persen

 

“Wilayah perbatasan menjadi garda terdepan yang memiliki sebuah kawasan terpadu. Bukan hanya TBI, tetapi sebuah kawasan yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Motaain dan sekitarnya,” kata Hendro melalui pernyataan resminya, Ahad (17/9/2023). 

Lebih lanjut, ia mengatakan hal yang terpenting dari pembangunan infrastruktur ini adalah bermanfaat bagi masyarakat. Akan ada ruang yang disiapkan khusus untuk masyarakat setempat membangun Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Di samping itu, Ia juga mengimbau sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah harus terus dibangun untuk meningkatkan layanan transportasi. Dalam pengoperasian Terminal Barang Internasional (TBI) Motaain terdapat beberapa instansi juga yang menyediakan pelayanan, yaitu Bea Cukai, Imigrasi, Karantina Hewan dan Tumbuhan, Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Pemda dan instansi terkait lainnya.

Berita Lainnya:
Tokopedia Catat Penghimpunan Zakat dan Donasi Capai Rp 7,8 Miliar

“Dengan adanya Terminal Barang Internasional ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian Nusa Tenggara Timur bahkan Indonesia untuk meningkatkan daya saing kita,” kata Hendro.

Pejabat Gubernur Nusa Tenggara Timur, Ayodhia GL Kalake menyampaikan pembangunan Terminal Barang Internasional Motaain ini menjadi salah satu perwujudan peningkatan pelayanan dan tentunya infrastruktur transportasi di kawasan perbatasan.

“Kami harapkan terminal ini dapat digunakan untuk meningkatkan ekspor-impor Indonesia dan Timor Leste dan untuk memenuhi kebutuhan logistik serta tentunya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitarnya,” kata Ayodhia.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi