Selasa, 30/04/2024 - 11:13 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Polisi Periksa 24 Saksi Terkait Kebakaran Museum Nasional

ADVERTISEMENTS

Kondisi Museum Nasional Indonesia (MNI) atau dikenal dengan Museum Gajah di Gambir, Jakarta Pusat, Pascakebakaran, Ahad (17/9/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Kepolisian terus mendalami penyebab kasus kebakaran Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah yang terjadi pada Sabtu (16/9/2023) malam. Kini, jumlah saksi yang diperiksa ihwal kasus tersebut bertambah menjadi 24 orang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Sampai saat ini sudah bertambah menjadi 24 orang yang kita periksa,” kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin kepada wartawan usai menemani kunjungan mantan Presiden RI Megawati Soekarno Putri di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis Kelola Layanan Terminasi Suara

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Puluhan saksi tersebut meliputi berbagai pihak, mulai dari pekerja lapangan hingga pengelola museum. “Ada dari sekuriti, kemudian sebagian besar dari pekerja, pekerja yang ada di belakang, kemudian juga dari karyawan ataupun pengelola,” ujar dia.

 

Komarudin menuturkan terus menggali beberapa kemungkinan penyebab terjadinya kebakaran. Sejauh ini, kebakaran yang terjadi MNI diketahui disebabkan oleh arus pendek atau korsleting listrik yang bersumber dari bedeng tukang proyek di sisi belakang museum.

 

“Semua indikasi diperiksa, indikasi korsleting, indikasi sampah, dan sebagainya, itu sudah disisir. (Mengenai indikasi kelalaian SDM) itu nanti akan kita dalami juga, Labfor yang lebih pasti menyampaikannya,” jelas dia.

Berita Lainnya:
Rocky Gerung: Gerindra atau Prabowo Sudah Memutuskan untuk Tidak Melanjutkan IKN

 

Komarudin memastikan bakal terus melakukan pemeriksaan, bekerja sama dengan tim dari Puslabfor Polri dan tim dari MNI serta konservator. Diharapkan nantinya ada titik terang mengenai penyebab pasti dari kebakaran. Selain itu juga menjaga keamanan koleksi, yang diketahui totalnya yang terdampak kebakaran ada 817 koleksi di enam ruangan di Gedung A di MNI.

 

“Tugas kami yang pertama memastikan mencari penyebab kebakaran. Yang kedua memastikan barang-barang yang ada di enam ruangan tersebut ada dan tidak hilang,” kata dia.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi