Rabu, 01/05/2024 - 05:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Putra Mahkota Saudi Ungkap Normalisasi Hubungan dengan Israel Kian ‘Dekat’

ADVERTISEMENTS

Putra Mahkota Arab Saudi Muhammad bin Salman duduk menjelang jamuan makan siang di KTT G20, Selasa (15/11/2022) di Nusa Dua, Bali.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

WASHINGTON – Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Muhammad bin Salman (MBS) mengungkapkan, negaranya bergerak semakin dekat untuk normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel. Ia menegaskan pula jika Iran dapat senjata nuklir maka Saudi pun mesti dapat. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

‘’Setiap hari, kami semakin dekat,’’ ujar MBS dalam wawancara dengan stasiun televisi Fox News yang disiarkan Rabu (20/9/2023) waktu setempat saat ditanya mengenai pembicaraan Saudi-Israea mencapai kesepakatan bersejarah untuk membuka hubungan diplomatik. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Wawancara jaringan televisi konservatif AS dengan MBS itu bersamaan dengan upaya keras pemerintahan Presiden AS Joe Biden memediasi hubungan antara dua negara kawasan tersebut, yang sama-sama merupakan sekutu dekat AS. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kunjungan Xi Jinping ke Eropa dalam Lima Tahun Terakhir, Apa Agendanya? 

‘’Bagi kami, isu Palestina sangat penting. Kami perlu menyelesaikan bagian persoalan ini. Dan kami mempunyai strategi negosiasi yang baik sampai saat ini,’’ jelas pemimpin de facto Saudi ketika ditanya apa yang akan ditempuh dalam kesepakatan normalisasi dengan Israel. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Dalam wawancara itu, MBS yang berbicara dalam bahasa Inggris juga menyatakan,’’Kami melihat ke mana akan pergi. Kami harap akan mencapai tempat yang akan memudahkan hidup warga Palestina dan Israel menjadi pemain di Timur Tengah.’’

Berita Lainnya:
Rusia Tuduh Ukraina Sering Tembak Fasilitas dan Staf Medis

Pembahasan mengenai normalisasi ini merupakan negosiasi kompleks yang melibatkan pula soal jaminan keamanan AS dan bantuan program nuklir sipil untuk Riyadh. Selain itu, kompensasi Israel terhadap Palestina. 

Selain isu Palestina, MBS menyampaikan perhatian mengenai kemungkinan Iran memiliki senjata nuklir. Meski selama ini Iran menegaskan tak akan menggunakan program nuklirnya untuk membuat bom nuklir. 

‘’Itu langkah yang buruk. Jika Anda menggunakannya maka akan berhadapan dengan seisi dunia,’’ katanya. Ditanya apa yang akan terjadi jika akhirnya Iran memiliki bom nuklir ia menegaskan,’’Jika mereka mendapatkannya, kami juga harus mendapatkannya pula.’’

Terobosoan menuju normalisasi….

sumber : Reuters

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi