Jumat, 03/05/2024 - 00:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Menteri ESDM Minta Pertamina Lepas Sumur Migas yang tak Aktif ke Swasta

ADVERTISEMENTS

 BADUNG — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengaku telah meminta PT Pertamina (Persero) untuk melepas atau menggandeng swasta dalam optimalisasi pengelolaan sumur-sumur kelolaan yang tak aktif. Hal itu agar produksi minyak dapat kembali ditingkatkan demi memenuhi kebutuhan nasional. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Kita sudah minta supaya itu dikerjasamakan atau dilepas, kita sudah kasih aturan untuk itu, sudah ada di kementerian dan sudah jadi Kepmen (Keputusan Menteri) ESDM,” kata Arifin saat ditemui di sela International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas (ICIUOG) 2023, Jumat (21/9/2023). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Arifin menjelaskan, pemerintah telah memperbolehkan agar sumur-sumur Pertamina bisa dilepas kepada swasta maupun dikerjasamakan. Ia pun meminta agar itu dapat segera direalisasikan bila memang sumur yang menganggur masih berpotensi menghasilkan cadangan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
KCI: 700 CCTV Tekan Tindak Kriminal di KRL Jabodetabek
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia tak dapat memerinci sumur-sumur yang dapat dilepas karena jumlahnya mencapai ribuan. Namun, kebanyakan sumur yang tak aktif berada di pulau-pulau kecil. Jika tak mampu mengelola secara optimal, Pertamina langsung melepas hak partisipasi pada sumur migas tersebut. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Menurutnya, proses pelepasan maupun kerja sama pengeboran sumur oleh Pertamina sebetulnya sudah berjalan dan menghasilkan tambahan minyak 3.000 hingga 4.000 barel per hari. Meski tak besar, setidaknya sumur-sumur yang sudah dalam pengelolaan dapat dioptimalkan kembali. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sebelumnya, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia meminta PT Pertamina (Persero) untuk dapat melepas sebagian sumur migas yang tak mampu dikelola secara maksimal. Bahlil mengatakan, Pertamina mengelola sebagian besar sumur migas yang ada di Indonesia. Bila ada sebagian yang tak mampu diurusi dengan baik, ia mendorong perseroan untuk mengalihkannya ke perusahaan swasta nasional. 

Berita Lainnya:
UMKM Binaan Pertamina Dukung Geliat Ekonomi Riau  

“Sumur lama ini 70 persen dikelola Pertamina. Negara tidak mau pusing Pertamina atau swasta yang kelola, yang penting target produksi naik biar tidak impor,” ujar Bahlil.

Bahlil menegaskan, pemerintah memberikan prioritas pengelolaan sumur migas kepada Pertamina. Ia menilai kinerja Pertamina sudah cukup baik, namun dia tak ingin terjadi kelebihan kapasitas hingga di luar kemampuan Pertamina. 

“Pertamina ini bagus, jangan terjadi over kapasitas. Ada nafsu kuda, tenaga ayam.  Jangan mau semuanya, tapi disuruh kerjakan, batuk-batuk. Itu maksud saya,” kata Bahlil.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi