Rabu, 01/05/2024 - 02:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Tiga Hal Ini Membuat Sahabat Nabi Tertawa dan Menangis

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Banyak manusia lupa akan kematian dan kehidupan setelahnya. Seolah-olah akan terus hidup di dunia, sehingga saban hari, waktunya habis untuk mengejar-ngejar dunia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Padahal secuil pun tak ada perkara dunia yang akan dibawanya ke akhirat. Salah satu sahabat Nabi SAW, yakni Abi Darda Al Anshari pun mengutarakan keheranannya dengan orang-orang yang menghabiskan waktu hidupnya dengan terus-menerus memburu dunia.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Ia mengungkapkan ada tiga hal yang membuatnya tertawa saking herannya, dan ada tiga hal yang membuatnya menangis karena takut dan khawatirnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Tiga hal yang membuatnya tertawa saking herannya di antaranya adalah: pertama, manusia yang terus mengharap atau mengejar-ngejar perkara dunia padahal kematian sedang memburunya. Maksudnya jarak antara kematian dengan orang tersebut sangat dekat, tapi orang itu justru lebih mementingkan dunia dan tak mempersiapkan untuk menghadapi kematian.

ADVERTISEMENTS

Kedua, manusia yang lalai, sedangkan dia tidak menyadari bahwa dia tak dilupakan kematian. Yakni orang yang yang lupa kematian akan datang, dan kelak di hari kiamat dia akan mempertanggungjawabkan semua amalnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Membangun Akhlak Mulia dengan Bersikap Jujur

Ketiga, orang yang berlebih-lebihan dalam kegembiraannya, sementara dia melupakan Allah ta’ala apakah amal yang telah dikerjakannya mendapat ridho Allah atau justru mendapat murkaNya.

Sedangkan tiga hal yang membuat Abu Darda menangis karena takut dan khawatir di antaranya adalah: pertama, karena berpisah dengan Rasulullah SAW dan sahabat yang telah wafat. Kedua, karena takut menghadapi dahsyatnya sakaratul maut.

Ketiga, karena kelak akan mempertanggung jawabkan semua amal di hadapan Allah, dan Allah akan membuka semua catatan-catatan amalnya, sedang ia tak mengetahui apakah akan masuk surga atau neraka. Hal itu membuatnya khawatir.

وقال أبو الدرداء رضي الله عنه: أضحكني ثلاث وأبكاني ثلاث. أضحكني مؤمل دنيا والموت يطلبه. وغافل ليس بمغفول عنه. وضاحك بملء فيه لا يدري أرضى الله أم أسخطه. وأبكاني فراق الأحبة محمد ﷺ وحزبه. وأحزنني هول المطلع عند غمرات الموت. والوقوف بين يدي الله تبارك وتعالى يوم تبدو السريرة علانية. ثم لا يدري إلى الجنة أو إلى النار. خرجه ابن المبارك قال: أخبرنا غير واحد عن معاوية بن قرة قال: قال أبو الدرداء فذكره.

Berita Lainnya:
Muadz Bin Jabal Seorang Hakim dan Pemimpin Para Ulama di Akhirat  

Abu Darda r.a berkata: tiga perkara yang membuat aku tertawa (sebab heran) dan tiga perkara yang membuat aku menangis. Yang membuatku tertawa, pertama, menghadap-harap dunia sedang kematian memburunya. Kedua, lalai tapi sedangkan dia tidak dilupakan dari kematian, dan engkau tertawa terbahak-bahak sedang tidak mengetahui apakah Allah ta’ala meridhoi atau membencinya. Dan yang membuatku menangis, pertama, berpisah dengan kekasihku Muhammad SAW dan para sahabatnya. Kedua, dan aku amat merasa ketakutan saat menghadapi maut. Ketiga, saat berdiri dihadapan Allah taala pada hari ditampakkan rahasia-rahasia. Kemudian aku tidak mengetahui akan masuk ke surga atau ke neraka. (Diriwayatkan Ibnu Mubarok , dia berkata: diceritakan pada oleh Muawiyah bin Qurrah dia berkata: Abu Darda Darda berkata, maka dia menyebutkannya,). (Lihat Imam Qurthubi dalam kitab at Tadzkirah halaman 300 yang diterbitkan Maktabah Darul Minhaj).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi