Rabu, 01/05/2024 - 10:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Pembangunan Tol Sibanceh Ditargetkan Tuntas Seluruhnya Maret 2024

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH — PT Hutama Karya (Persero) menyebut proyek pembangunan ruas Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) ditargetkan tuntas secara keseluruhan pada Maret 2024, dan saat ini tersisa Seksi 1 (Padang Tiji-Seulimum) yang masih dalam proses pembangunan infrastruktur.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Untuk Seksi 1 saat ini progresnya sudah sekitar 65 persen. Insya Allah di Maret 2024 akan kami tuntaskan,” kata Junior Manager Teknik Divisi Pembangunan PT Hutama Karya Indra Wijaya, di Banda Aceh, Senin (9/10/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Ia menjelaskan, sebelumnya Hutama Karya menargetkan pembangunan ruas Tol Sibanceh akan rampung pada Desember 2023. Namun, karena terkendala pembebasan lahan, serta ada penambahan lahan baru maka proses pengerjaan tidak bisa selesai pada akhir tahun.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurut dia, apabila proses pembebasan lahan di Seksi 1 dan penetapan lokasi (penlok) baru selesai dan terbit pada akhir Oktober 2023, maka pihaknya bisa langsung memacu menyelesaikan pembangunan Proyek StrategIs Nasional (PSN) itu agar bisa rampung sesuai target. Adapun penambahan lahan baru itu, kata dia, seluas 112,48 hektare, yang diperuntukkan pembangunan badan jalan, kaki timbunan, lereng galian, serta drainase saluran samping di sejumlah seksi ruas Tol Sibanceh.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Lalu Lintas Harian Tol Trans sumatra Naik 86 Persen Saat Libur Lebaran

“Untuk lahan baru yang diperlukan adalah 112,48 hektare, jadi tahapan saat ini adalah konsultasi publik, itu sudah dilakukan,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Ia menambahkan, Pemerintah Aceh telah menyerahkan berita acara konsultasi publik kepada Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Tahap selanjutnya, Gubernur akan menerbitkan penlok tambahan untuk kebutuhan lahan 112,48 hektare tersebut.

“Setelah itu, baru proses pembebasan lahan oleh Kementerian PUPR. Setelah lahan bebas baru bisa dikerjakan oleh PT Hutama Karya,” ujarnya pula.

Berita Lainnya:
Kementan Lepas Ekspor Produk Perkebunan ke Pasar Asia dan Eropa

Proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Sigli-Banda Aceh memiliki panjang 74,2 kilometer yang terbagi dalam 6 seksi, yaitu Seksi 1 Padang Tiji-Seuliemum (25 km), Seksi 2 Seuliemum-Jantho (6 km).

Selanjutnya Seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 km), Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14 km), Seksi 5 Blang Bintang-Kuta Baro (8 km), dan Seksi 6 Kuta Baro-Baitussalam (5,2 km).

Lima dari total enam seksi tersebut sudah beroperasi. Tiga seksi di antaranya beroperasi dengan pengenaan tarif yakni Seksi 2, Seksi 3, dan Seksi 4. Sementara Seksi 5 dan 6 belum pengenaan tarif atau gratis.

“Jadi untuk di Seksi 1 kalau lahan tambahan tidak bisa dibebaskan maka tidak bisa dioperasikan. Kita yang sudah beroperasi Seksi 2, Seksi 3, Seksi 4, Seksi 5, dan Seksi 6, itu sudah selesai semua konstruksi,” ujarnya lagi.

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi