Minggu, 05/05/2024 - 08:15 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Pengamat: Erick Thohir Berhasil Bikin BUMN Lebih Efisien

ADVERTISEMENTS

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berhasil melakukan transformasi dalam empat tahun kepemimpinannya di BUMN. (ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Direktur Eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah Redjalam mengatakan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berhasil melakukan transformasi dalam empat tahun kepemimpinannya di BUMN. Piter mengatakan, keberhasilan transformasi terlihat dari peningkatan kontribusi BUMN terhadap pendapatan negara berupa pajak, dividen, dan pendapatan negara bukan pajak (PNBP). 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Piter mengatakan, BUMN menyumbang pendapatan negara total sebesar Rp 1.130 triliun selama periode 2017-2019. Sementara, selama periode 2020 sampai kuartal III 2022, BUMN secara konsolidasi telah memberikan pendapatan kepada negara sebesar Rp 1.198 triliun. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
ID FOOD Bangun Kemitraan Tebu dengan Desa Penyangga
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Ini saya kira kalau dibandingkan dengan keseluruhan ekonomi kita, kontribusi BUMN ini sangat besar,” ujar Piter dalam webinar bertajuk “Motor Penggerak Ekonomi Nasional” yang diselenggarakan Republika.co.id di Jakarta, Rabu (11/10/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Menurut Piter, Erick yang namanya santer disebut-sebut sebagai cawapres terkuat telah melakukan gebrakan besar dalam membenahi BUMN. Erick, ucap Piter, membuat BUMN lebih efisien dengan memangkas jumlah BUMN, membentuk holding hingga menggabungkan sejumlah BUMN yang memiliki fokus bisnis serupa. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Dari Palembang Sampai Banyuwangi, PLN Siagakan 1.299 SPKLU

“Yang paling penting, ada sesuatu yang harus kita apresiasi bagaimana upaya Pak Erick Thohir menjadikan BUMN lebih efisien dengan penerapan tata kelola perusahaan yang baik,” kata Piter.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Piter menyebut perbaikan tata kelola yang sudah dilakukan Erick dapat menjadi fondasi dalam membangun keberlanjutan BUMN ke depan. Hal ini akan menjadi pijakan kuat dalam meningkatkan daya saing BUMN di kancah global. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Yang paling saya respect dari Pak Erick Thohir saat ia mem-blacklist (individu bermasalah, menjadi pengelola BUMN. Ini sangat positif bahwa benar-benar bersikap tegas,” kata Piter.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi