Sabtu, 04/05/2024 - 17:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Jelang Musim Tanam, Petani: Pupuk Mahal Nggak Masalah yang Penting Ada

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) menyampaikan pasokan pupuk baik subsidi maupun non subsidi masih tersedia dan belum terdapat persoalan berarti di lapangan. Ia berharap Pupuk Indonesia dapat memastikan ketersediaan pupuk disaat krusial menjelang musim tanam serentak yang akan segera dimulai. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Wakil Sekretaris Jenderal KTNA, Zulharman Djusman, menyampaikan, situasi penyaluran pupuk hingga saat ini masih kondusif. Ia menerangkan, terdapat kemunduran musim tanam dari yang biasanya dilakukan awal Oktober menjadi kemungkinan dimulai November mendatang. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Itu sebabnya, stok pupuk masih cenderung aman dan tersedia dalam jumlah besar di gudang-gudang distributor atau lini III. Bagi petani yang tak mendapatkan alokasi pupuk subsidi, petani harus membayar mahal pupuk non subsidi. Namun, bagi dia, para petani saat ini mengutamakan pasokan ketimbang harga. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Jangan Khawatir, Keringat Ikhtiar Suami Cari Nafkah Dibayar Allah dengan Ini
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Alhamdulillah masih kondusif. Sejauh ini belum ada (kelangkaan). Harga nomor dua, yang penting ada,” kata Zulharman saat dihubungi Republika.co.id, Sabtu (14/10/2023). 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Adapun, diketahui harga pupuk NPK subsidi saat ini dipatok Rp 2.300 per kg dan pupuk Urea Rp 2.250 per kg. Sementara harga pupuk non subsidi kedua jenis itu berkisar Rp 8.000 per kg hingga Rp 12 ribu per kg. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Hampir dipastikan permintaan pupuk dalam waktu dekat akan mengalami lonjakan tinggi. Oleh karena itu, KTNA juga telah berkoordinasi langsung dengan PT Pupuk Indonesia selaku produsen untuk memastikan ketersediaan pasokan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Teman-teman di daerah akhir Oktober atau pertengahan November sudah mulai tanam. Pupuk Indonesia bilang mereka sudah ready di daerah masing-masing,” ujarnya. 

Berita Lainnya:
Pameran Jakarta Lebaran Fair Bisa Jadi Tujuan Liburan Hari Ini

Mengutip data terakhir Pupuk Indonesia, stok pupuk khusus yang bersubsidi yang saat ini, mulai dari Gudang Lini I sampai Lini III, tersedia sebanyak 1.442.553 ton. Stok per tanggal 10 Oktober 2023 ini setara dengan 263 persen dari ketentuan minimum yang ditetapkan oleh Pemerintah. Rinciannya, urea sebanyak 941.712 ton, NPK 500.841 ton.

Selain itu, Pupuk Indonesia juga memastikan ketersediaan pupuk non subsidi di kios-kios yang tersebar di seluruh daerah.

“Sekarang ini stok itu cukup banyak, untuk pupuk subsidi saja hampir 3 kali lipat dari ketentuan, dan serapannya sekarang sudah mencapai 70 persen. Karena ada penundaan musim tanam maka akan ada penyerapan di bulan November,” ujar Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi