Rabu, 01/05/2024 - 06:52 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Tim Pemeriksa PBB Uji Sampel Ikan dari Perairan Sekitar PLTN Fukushima

ADVERTISEMENTS

 IWAKI — Tim pemeriksa Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengambil sampel dari pasar ikan dekat pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima pada hari Kamis (19/10/2023). Pengambilan sampel ini dilakukan setelah otoritas Jepang melepaskan air limbah nuklir dari PLTN Fukishima pada Agustus lalu.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Cina dan Rusia telah melarang impor makanan laut dari Jepang sejak pembuangan limbah tersebut dimulai. Namun Jepang mengatakan produk makanan laut dari perairan Jepang aman dikonsumsi. Klaim Jepang ini didukung oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Air dari 540 kolam renang di Jepang telah dikumpulkan sejak tsunami yang menyebabkan tiga reaktor nuklir di PLTN Fukushima-Daiichi hancur pada tahun 2011. Jepang mengatakan bahwa air tersebut telah disaring dengan teknologi khusus ALPS dari zat radioaktif, kecuali tritium, dan diencerkan dengan air laut. Jepang mengatakan pengujian menunjukkan bahwa kadar tritium berada dalam batas aman.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Sekilas tentang Kebijakan Cina untuk Kelompok Difabel
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Tim IAEA yang terdiri dari ilmuwan dari Cina, Korea Selatan, dan Kanada mengumpulkan sampel ikan, air, dan sedimen minggu ini untuk memverifikasi temuan Jepang. Paul McGinnity, salah satu anggota tim, mengatakan kepada wartawan bahwa tujuannya adalah “untuk memastikan apakah laboratorium Jepang mengukur dan menganalisis dengan benar” kadar tritium.

ADVERTISEMENTS

“Tritium menjadi perhatian karena kadar tritium seperti yang Anda ketahui relatif tinggi karena tidak dihilangkan melalui proses ALPS,” kata McGinnity.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Saya dapat mengatakan bahwa kita tidak terlalu berharap akan melihat perubahan apa pun (dalam kadar tritium), khususnya pada ikan. Kami berharap menemukan tingkat yang sangat mirip dengan apa yang kami ukur tahun lalu.”

Berita Lainnya:
Biden: Netanyahu tidak Berbuat cukup untuk Fasilitasi Bantuan Gaza

Sampel akan dikirim kembali ke laboratorium di negara asal anggota tim untuk ditinjau secara independen, dan IAEA akan mengevaluasi dan mempublikasikan hasilnya.

Rusia pekan ini mengikuti jejak sekutunya, Cina, dalam melarang impor makanan laut Jepang, meskipun mereka membeli dalam jumlah yang relatif kecil. Jepang, yang menyebut larangan Cina bermotif politik, mengatakan tindakan Moskow adalah langkah yang tidak adil tanpa dasar ilmiah.

Pelepasan air ini bertujuan untuk memberikan ruang untuk mulai menghilangkan bahan bakar radioaktif yang sangat berbahaya dan puing-puing dari reaktor yang rusak.

sumber : AFP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi