Selasa, 21/05/2024 - 09:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

McDonalds Negara-Negara Ini Dukung Palestina Hingga Kirim Bantuan ke Gaza

JAKARTA — Keputusan McDonalds Israel yang memberikan makanan gratis untuk militer Israel memicu reaksi balik dari sejumlah cabang di negara-negara Arab. McDonalds di sejumlah negara Timur Tengah justru menyerukan dukungannya terhadap warga Gaza.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Cabang McDonalds di Timur Tengah menolak keputusan McDonald Israel yang memberikan makanan gratis kepada militer Israel. Cabang McDonalds di Arab Saudi, Oman, Kuwait, Uni Emirat Arab, Yordania, Mesir, Bahrain, dan Turki bersikap dengan menjauhkan diri dari mitra Israel.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Waralaba McDonalds di negara Timur Tengah tersebut justru secara kolektif mendukung warga Palestina di Gaza. “Mari kita semua menggabungkan upaya kita dan mendukung masyarakat di Gaza dengan segala yang kita bisa,” tulis pernyataan McDonalds Oman dikutip dari Al Jazeera, Jumat (20/10/2023).

Cabang McDonalds di Timur Tengah tersebut menjanjikan lebih dari tiga juta dolar AS sebagai bantuan kemanusian. Pernyataan tersebut langsung diunggah melalui akun resmi McDonalds Oman melalui X.

Berita Lainnya:
Hamas: AS Berikan Perlindungan Politik pada Pembantaian oleh Israel

“Kami memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk melindungi negara kami tercinta dan seluruh negara Arab dan Muslim dari segala kejahatan dan kebencian,” tulis pernyataan McDonalds Oman.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sejak mengumumkan dukungannya terhadap tentara Israel, McDonalds Israel telah mengubah akun Instagramnya menjadi pribadi. Hal itu menyusul reaksi keras dari konsumen di negara-negara Arab dan Muslim.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sementara itu, McDonalds Indonesia juga saat ini sudah membuka suara terkait pemberian makanan gratis kepada tentara Israel. Pernyataan tersebut juga akhirnya muncul setelah banyak warga Indonesia yang memberikan reaksi keras dan mempertanyakan sikap McDonalds Indonesia.

McDonalds Indonesia yang dimiliki PT Rekso Nasional Food menegaskan tidak terkait dengan McDonalds Israel. McDonalds Indonesia mengatakan tidak memiliki afiliasi terhadap keputusan dan operasi McDonalds di negara lain.  

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS

“Sebagai pemegang waralaba yang memiliki peran dalam mengembangkan jaringan McDonalds di Indonesia, bagi kami komunitas adalah jantung dari bisnis perusahaan. Simpati kami tujukan kepada para korban, keluarga mereka, dan komunitas yang terdampak,” kata Associate Director of Communications McDonalds Indonesia, Meta Rostiawati dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (20/10/2023).

Berita Lainnya:
Perkuat Komitmen Menuju NZE, PHE Tanda Tangani Kerja Sama Carbon Capture dengan ExxonMobil

Terkait dengan pemberitaan terakhir mengenai McDonalds, Meta menegaskan PT Rekso Nasional Food merupakan perusahaan swasta nasional. Perusahaan ini sepenuhnya dimiliki pengusaha asli Indonesia dengan jumlah karyawan lebih dari 16 ribu tenaga kerja lokal.

“McDonalds Indonesia merupakan entitas yang beroperasi secara independen dan tidak terafiliasi dengan kegiatan operasional maupun keputusan McDonald di negara lain, termasuk McDonalds Israel,” tutur Meta. 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi