Sabtu, 04/05/2024 - 18:21 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EDUKASI
EDUKASI

Unpatti dan Bakamla Kerja Sama Edukasi Kemaritiman Bagi Mahasiswa

ADVERTISEMENTS

Ilustrasi kegiatan Bakamla.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 AMBON — Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku bekerjasama dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI untuk mengedukasi bidang kemaritiman kepada mahasiswa di perguruan tinggi ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Hal ini terkait dengan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta Bidang Keamanan dan Keselamatan Laut,” kata Rektor Unpatti Prof MJ Saptenno dalam keterangan yang diterima di Ambon, Rabu (25/10/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Penandatanganan nota kesepahaman secara langsung dilakukan oleh Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr Irvansyah (Opsla) dengan Rektor Unpatti Prof MJ Saptenno, juga Universitas Padjajaran dan akademi maritim Maluku.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

“Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan langkah awal yang penting dalam kerja sama jangka panjang antara Bakamla RI, Universitas Pattimura, Universitas Padjadjaran, dan Akademi Maritim Maluku,” kata Rektor Saptenno.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
UGM Kelola Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa Calon Dokter Spesialis

Ia mengatakan hal tersebut mencerminkan komitmen bersama untuk memajukan keamanan dan pengetahuan maritim di Indonesia serta memiliki makna strategis yang sangat penting dalam mendorong perkembangan kreativitas dan inovasi para akademisi dalam konteks keamanan dan keselamatan laut.   

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Apalagi, Provinsi Maluku merupakan wilayah kepulauan dengan luas wilayah 712.479 kilometer persegi yang terdiri dari daratan 54.185 kilometer persegi atau 7,6 persen dan lautan 658.294 kilometer persegi atau 92,4 persen.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Kerja sama bidang kemaritiman ini akan diimplementasikan dalam banyak penelitian di bidang tersebut yang tentunya berpengaruh pada kualitas SDM dan perekonomian daerah.

Berita Lainnya:
Daftar Masuk Cyber University Kini Sudah Bisa Lewat Aplikasi

Ditambah lagi Maluku memiliki gugusan pulau sebanyak 395 wilayah, dan 83 persen atau sekitar 331 pulaunya belum berpenghuni.

“Secara geografis Provinsi Maluku terletak di antara Laut Seram di utara, Samudra Hindia, dan Laut Arafura di selatan. Pada bagian timur, Provinsi Maluku berbatasan dengan Provinsi Papua Barat. Sedangkan pada bagian barat, Provinsi Maluku berbatasan dengan Laut Banda,” katanya menjelaskan.

Nantinya beragam hasil penelitian bersama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi Bakamla RI dalam menjalankan tanggungjawabnya untuk menjaga keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan yurisdiksi maritim Indonesia.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi