Kamis, 02/05/2024 - 10:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Kisah Sahabat yang Melihat Malaikat Melindungi Nabi Muhammad SAW Saat Perang

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Nabi Muhammad SAW selalu mendapatkan perlindungan Allah SWT saat beliau bertempur dalam sebuah peperangan. Salah seorang sahabat Nabi SAW pun menjadi saksi atas apa yang diketahuinya itu.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqash RA, dia berkata:

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

– رَأَيْتُ عن يَمِينِ رَسولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عليه وَسَلَّمَ وَعَنْ شِمَالِهِ يَومَ أُحُدٍ رَجُلَيْنِ عليهما ثِيَابُ بَيَاضٍ، ما رَأَيْتُهُما قَبْلُ وَلَا بَعْدُ، يَعْنِي جِبْرِيلَ وَمِيكَائِيلَ عليهما السَّلَامُ.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Di hari terjadinya perang Uhud, aku melihat dua orang berpakaian putih-putih. Masing-masing berada di kanan dan kiri Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang aku tidak pernah melihat keduanya sebelum dan sesudah itu. Mereka ialah Jibril dan Mikail ‘alaihimas salam.” (HR. Muslim)

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Ini Sunnah Nabi di Bulan Syawal yang Pasti Disukai Kaum Jomblo

Hadits tersebut menunjukkan, Allah SWT melindungi rasul-Nya. Dalam hal ini, Allah SWT memberikan perlindungan kepada Nabi Muhammad SAW dalam peperangan yang dilalui oleh beliau SAW.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Allah SWT mengirim malaikat untuk ikut berperang bersama Nabi Muhammad SAW. Perang yang dimaksud adalah Perang Badar dan Perang Uhud serta perang-perang lainnya.

Dari hadits itu juga, Sa’ad bin Abi Waqqash RA memberitahukan bahwa dia melihat dua sosok lelaki yang turut berperang membela Nabi Muhammad SAW pada masa Perang Uhud. Dua lelaki tersebut mengenakan pakaian putih.

Saad bin Abi Waqash belum pernah melihat dua sosok lelaki itu sebelumnya. Dan setelah perang pun, dia tidak melihat lagi keduanya. Apa yang dilihat oleh Saad bin Abi Waqash adalah malaikat. Para malaikat berperang paling sengit di antara anak keturunan Adam.

Berita Lainnya:
Mengapa Wanita Hadramaut Bercadar?

Keikutsertaan malaikat dalam perang merupakan tanda bahwa Allah SWT memuliakan Nabi Muhammad SAW. Allah SWT juga memperhatikan bentuk dan ketentuan atau aturan yang ditetapkan untuk para hamba-Nya.

Sebab seandainya Allah SWT menghendaki, Dia pasti akan mengusir orang-orang kafir dengan sehelai bulu dari sayap malaikat. Sebaliknya, tanpa menurunkan malaikat pun, Allah SWT lebih mengetahui bagaimana para malaikat berperang, alat perangnya, dan kudanya.

Pertempuran Uhud terjadi pada bulan Syawal pada tahun ketiga Hijrah. Uhud adalah salah satu gunung di Madinah. Sebagian besar Sahabat Nabi SAW menjadi syahid dalam pertempuran itu.

sumber : Dorar.net

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi