Kamis, 02/05/2024 - 19:14 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pengrajin Bambu Mendukung Relawan Santri Ganjar Lestarikan Bambu di Indonesia

ADVERTISEMENTS

 TANGERANG SELATAN — Salah seorang Pengrajin Bambu Krey, Usin (53 tahun) sekaligus narasumber dalam kegiatan Merawat Budaya Nusantara “Seni Pengolahan Bambu” membagikan ilmu seputar pengolaham bambu kepada sejumlah mahasiswa di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Kita sampaikan terkait bagaimana cara mengolah bambu dari nol hingga produk jadi,” buka Usin.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menurutnya, apabila bambu diolah secara benar akan menghasilkan berbagai macam olahan yang memiliki nilai jual di pasaran yang cukup bagus.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Banyak macamnya, ada krey, tusuk sate, saung, bilik, bedeng dan banyak lagi macamnya, banyak manfaat dan nilai jualnya,” kata Usin, seperti dinukil pada Ahad (29/10/2023). 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Usin mengaku cukup senang atas diselenggarakannya kegiatan tersebut. Sebab, dirinya menilai kegiatan tersebut mampu memberikan ilmu dan semangat kepada generasi muda untuk melanjutkan perjuangan para pengrajin bambu di Indonesia yang selama ini keberadaannya kian berkurang.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Jamaah Masjid Aolia Gunungkidul Lebaran 5 April, MUI: Mereka Bukan Sesat Tapi Menyimpang
ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia menilai ketertarikan mahasiswa dalam kegiatan tersebut cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dan keinginan mahasiswa untuk mengeksplor sendiri bambu yang tersedia saat pelatihan berlangsung.

“Cukup antusias untuk mendalami pengolahan bambu dan mengikuti setiap instruksi yang diberikan karena bambu ini semua detailnya bisa dimanfaatkan dan menjadi uang,” lanjutnya.

Pria yang sudah terjun di industri bambu selama 20 tahun tersebut, mengaku banyak terbantu dan menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah. Dirinya optimis kebutuhan masyarakat akan bambu semakin meningkat setiap tahunnya.

“Sisi ekonomi banyak terbantu, banyak order dan kebutuhannya semakin hari makin bertambah,” kata Usin.

Usin mendorong agar Santri Dukung Ganjar sebagai kepanjangan tangan dari Ganjar Pranowo melakukan kegiatan serupa secara berkesinambungan untuk melestarikan industri bambu di Indonesia.

Selanjutnya, Usin berharap agar pemerintah pun menyadari akan kebutuhan bambu yang semakin tinggi.

Berita Lainnya:
Menegangkan! Kronologi Dana Temukan Koper Berisi Mayat Wanita di Bekasi, Begini Kondisinya, Pas Buka...

Dengan demikian, diharapkan ekosistem yang berada di industri bambu, baik sebagai pengusaha, pengrajin dan petani bambu terus hidup untuk mendorong sirkulasi ekonomi secara optimal.

“Semoga pemerintah terus memberikan perhatian terhadap petani bambu supaya tumbuhannya tetap ada dan lestari agar keberadaan pengrajin industri bambu ini tetap bertahan,” kata dia. 

Upaya serupa juga telah dilakukan SDG ketika menggelar pelatihan kewirausahaan dan menanam bibit pohon bersama komunitas pemuda, di Desa Samhurang, Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) , Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan.

 

“Dalam kegiatan kegiatan pelatihan kewirausahaan dan menanam bibit pohon bersama komunitas pemuda tersebut, kami Santri Dukung Ganjar menggandeng Karang Taruna Muda Jaya,” ujar Korwil Santri Dukung Ganjar Kalimantan Selatan Rizali, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi