Minggu, 16/06/2024 - 20:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Beras Jadi Biang Kerok Penyebab Inflasi Tiga Bulan Berturut

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Pudji Ismartini menyampaikan perkembangan Indeks Harga Konsumen Februari 2023 dan indikator strategis lainnya dalam konferensi pers, Rabu (1/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA —  Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan beras kembali menyumbang andil inflasi terbesar pada Oktober 2023. Deputi Bidang Statistik dan Jasa BPS Pudji Ismartini menuturkan beras merupakan komoditas penyumbang andil inflasi terbesar selama tiga bulan berturut-turut sejak Agustus hingga Oktober 2023.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Pada Oktober 2023, inflasi beras sebesar 1,72 persen dengan andil sebesar 0,06 persen,” kata Pudji dalam konferensi pers, Rabu (1/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Sementara itu, Pudji menuturkan secara akumulatif selama 2023, beras juga menyumbang andil inflasi. Dia menyebut beras menyumbang inflasi sebesar 0,49 persen secara tahunan pada Oktober 2023.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda
Berita Lainnya:
Kemendag Teken Kerja Sama Dorong Ekspor Industri Kreatif

Dia menambahkan, inflasi beras pada Oktober 2023 juga tersebar di 87 kota. “Dalam hal ini dua kota mengalami deflasi, sedangkan satu kota lainnya stabil,” ucap Pudji.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

BPS mencatat pada Oktober 2023 terjadi inflasi secara bulanan sebesar 0,17 persen dan secara tahunan sebesar 2,56 persen. Sementara inflasi hingga Oktober 2023 tercatat sebesar 1,80 persen.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Pudji menambahkan, kelompok pengeluaran penyumbang inflasi bulanan terbesar pada Oktober 2023 tersebut adalah transportasi dengan inflasi sebesar 0,55 persen dan andil inflasi 0,07 persen. Sementara itu jika kita lihat di tingkat komoditas maka penyumbang inflasi secara bulanan terbesar adalah yang pertama adalah beras dengan andil inflasi sebesar 0,06 persen.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024
Berita Lainnya:
Pemprov Kalteng Gelar Pasar Murah Jelang Idul Adha

Selanjutnya bensin dengan andil inflasi sebesar 0,04 persen. Lalu juga cabai rawit dengan andil inflasi sebesar 0,03 persen dan tarif angkutan udara dengan andil inflasi sebesar 0,02 persen.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

Selain itu terdapat beberapa komoditas lainnya yang memberikan andil inflasi sebesar 0,01 persen. “Komoditas ini diantaranya adalah cabe merah, emas perhiasan tarif air minum PAM, jeruk, dan sawi hijau,” jelas Pudji. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

مَّا أَشْهَدتُّهُمْ خَلْقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَا خَلْقَ أَنفُسِهِمْ وَمَا كُنتُ مُتَّخِذَ الْمُضِلِّينَ عَضُدًا الكهف [51] Listen
I did not make them witness to the creation of the heavens and the earth or to the creation of themselves, and I would not have taken the misguiders as assistants. Al-Kahf ( The Cave ) [51] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi