Sabtu, 04/05/2024 - 22:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Beras Jadi Biang Kerok Penyebab Inflasi Tiga Bulan Berturut

ADVERTISEMENTS

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Pudji Ismartini menyampaikan perkembangan Indeks Harga Konsumen Februari 2023 dan indikator strategis lainnya dalam konferensi pers, Rabu (1/3/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA —  Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkapkan beras kembali menyumbang andil inflasi terbesar pada Oktober 2023. Deputi Bidang Statistik dan Jasa BPS Pudji Ismartini menuturkan beras merupakan komoditas penyumbang andil inflasi terbesar selama tiga bulan berturut-turut sejak Agustus hingga Oktober 2023.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Pada Oktober 2023, inflasi beras sebesar 1,72 persen dengan andil sebesar 0,06 persen,” kata Pudji dalam konferensi pers, Rabu (1/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh
Berita Lainnya:
Mendag Zulhas Tegaskan tak Akan Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

Sementara itu, Pudji menuturkan secara akumulatif selama 2023, beras juga menyumbang andil inflasi. Dia menyebut beras menyumbang inflasi sebesar 0,49 persen secara tahunan pada Oktober 2023.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Dia menambahkan, inflasi beras pada Oktober 2023 juga tersebar di 87 kota. “Dalam hal ini dua kota mengalami deflasi, sedangkan satu kota lainnya stabil,” ucap Pudji.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

BPS mencatat pada Oktober 2023 terjadi inflasi secara bulanan sebesar 0,17 persen dan secara tahunan sebesar 2,56 persen. Sementara inflasi hingga Oktober 2023 tercatat sebesar 1,80 persen.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Pudji menambahkan, kelompok pengeluaran penyumbang inflasi bulanan terbesar pada Oktober 2023 tersebut adalah transportasi dengan inflasi sebesar 0,55 persen dan andil inflasi 0,07 persen. Sementara itu jika kita lihat di tingkat komoditas maka penyumbang inflasi secara bulanan terbesar adalah yang pertama adalah beras dengan andil inflasi sebesar 0,06 persen.

Berita Lainnya:
AP II Proyeksikan Puncak Arus Mudik Esok, Penumpang Bisa Capai 317 Ribu 

Selanjutnya bensin dengan andil inflasi sebesar 0,04 persen. Lalu juga cabai rawit dengan andil inflasi sebesar 0,03 persen dan tarif angkutan udara dengan andil inflasi sebesar 0,02 persen.

Selain itu terdapat beberapa komoditas lainnya yang memberikan andil inflasi sebesar 0,01 persen. “Komoditas ini diantaranya adalah cabe merah, emas perhiasan tarif air minum PAM, jeruk, dan sawi hijau,” jelas Pudji. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi