Selasa, 30/04/2024 - 07:58 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Bertemu Biden, Xi Jinping Minta Agar AS tidak Provokatif dan Lewati Batas

ADVERTISEMENTS

BEIJING – Presiden Cina, Xi Jinping meminta agar Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dapat mewujudkan negara yang mampu menahan diri dan tidak bertindak gegabah.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Penting bagi Cina dan Amerika Serikat untuk saling menghargai prinsip dan garis batas satu sama lain, serta menahan diri untuk tidak bertindak gegabah, bersikap provokatif dan melewati batas,” kata Presiden Xi Jinping seperti dalam keterangan tertulis dari Kementerian Luar Negeri Cina yang diterima di Beijing, Kamis (16/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Presiden Cina Xi Jinping bertemu dengan Presiden AS Joe Biden pada Rabu (15/11) waktu setempat di Filoli Estate, San Francisco, AS pada sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Perbedaan pendapat tidak boleh menjadi jurang pemisah yang memisahkan kedua negara. Sebaliknya, kedua belah pihak harus mencari cara untuk membangun jembatan yang membantu Cina dan AS berjalan beriringan,” tutur Presiden Xi.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Dubes Iran: Indonesia Ada di Sisi yang Benar dalam Konflik Israel Palestina

Presiden Xi meminta agar lebih banyak komunikasi, berdialog dan konsultasi, serta sikap tenang menangani berbagai perbedaan dan situasi yang terjadi.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Cina dan Amerika Serikat mempunyai kepentingan yang sama dalam berbagai bidang, termasuk bidang tradisional seperti ekonomi, perdagangan dan pertanian, serta bidang-bidang yang sedang berkembang seperti masalah perubahan iklim dan kecerdasan buatan (AI),” lanjut Presiden Xi.

Untuk itu, ujar dia, penting sekali dalam menggunakan sepenuhnya mekanisme baru dalam politik luar negeri, ekonomi, keuangan, perdagangan, pertanian dan bidang lainnya dan didukung dengan kerja sama di bidang lain seperti pemberantasan narkotika, peradilan dan penegakan hukum, AI maupun ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Baik Cina maupun AS juga sama-sama memikul tanggung jawab sebagai negara besar. Permasalahan yang dihadapi masyarakat di muka bumi tidak dapat diselesaikan tanpa kerja sama antar negara-negara besar,” ujar Presiden Xi.

Berita Lainnya:
Laporan: Abaikan Permintaan untuk tidak Serang Iran, Israel Permalukan AS

Cina dan AS, kata Presiden Xi, harus memberi contoh dengan meningkatkan koordinasi dan kerja sama dalam isu-isu internasional dan regional, serta menyediakan barang publik.

“Bersama-sama kedua negara perlu mendorong people to people exchanges dengan menambah penerbangan langsung, memajukan kerja sama pariwisata, memperluas pertukaran antarprovinsi, memperkuat kerja sama pendidikan serta mendukung interaksi dan komunikasi yang lebih besar di antarmasyarakat,” kata Presiden Xi.

Pertemuan kedua pemimpin di San Fransisco tersebut berselang setahun dari pertemuan keduanya pada sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia pada 14 November 2022.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi