Sabtu, 04/05/2024 - 00:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Musim Hujan Datang, Segera Lakukan Persiapan Ini

ADVERTISEMENTS

 YOGYAKARTA — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY mengimbau agar masyarakat mulai melakukan persiapan sejak dini dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Noviar Rahmad mengatakan, persiapan yang dapat dilakukan yakni dengan memangkas daun dan ranting, terutama untuk pohon-pohon yang besar. Hal ini dilakukan untuk mencegah dampak dari pohon tumbang jika terjadi hujan lebat dan disertai dengan angin kencang.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat mengurangi produksi sampah, dan tidak membuang sampah sembarangan. Ini termasuk juga membersihkan saluran air, sehingga air hujan di permukiman tidak mengalir ke jalan-jalan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Selalu membawa payung atau jas hujan selama beraktivitas di luar ruangan, dan selalu memperbarui informasi perkiraan cuaca yang bersumber dari pihak berwenang,” kata Noviar saat Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Potensi Ancaman Bencana Hidrometeorologi di DIY Tahun 2023 di Lapangan Panahan, Jl. Kenari, Kota Yogyakarta, Selasa (21/11/2023).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Hujan Lebat dan Banjir Bandang Sebabkan 21 Orang Meninggal di Oman

Untuk upaya jangka panjang, lanjut Noviar, masyarakat juga dapat melakukan penanaman pohon guna mencegah terjadinya longsor, sekaligus mengikat air tanah sebagai cadangan saat kemarau panjang tiba. Noviar juga mengimbau warga untuk membuat resapan air di halaman rumah dengan lubang biopori, menggunakan paving block, dan grass block.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Selain untuk mengikat air, (resapan air) dapat mencegah terjadinya banjir. Masyarakat juga diimbau untuk meminimalisir kegiatan di daerah rawan longsor terutama saat hujan,” ucap Noviar.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dalam apel tersebut, sekitar 300 peserta yang terdiri dari Forkopimda, TNI/Polri, Basarnas, BPBD se-DIY, dan komunitas relawan penanggulangan bencana se-DIY turut berpartisipasi. Apel kesiapsiagaan bencana ini dilakukan sebagai bahan untuk mengukur kekuatan daerah dalam menghadapi ancaman bencana, dengan mengerahkan semua potensi yang dimiliki daerah.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Di antaranya terdiri dari tiga pilar penanggulangan bencana yaitu pemerintah, dunia usaha serta masyarakat. Hal ini penting untuk membangun kesiapan kita menghadapi bencana agar dapat meminimalisir dampaknya bagi korban jiwa korban luka serta berbagai bentuk kerugian,” jelasnya.

Berita Lainnya:
Hujan Petir Landa Sebagian Ibu Kota Indonesia Hari Ini

Menurut Noviar, dengan apel kesiapsiagaan ini akan terlihat sejauh mana kemampuan dan kesiapan dari penggiat kebencanaan dalam menghadapi potensi bencana yang ada di wilayahnya masing-masing. Kegiatan ini, lanjutnya, juga dijadikan momentum untuk memperkuat kerja sama penanggulangan bencana antar organisasi, pengkajian kemampuan peralatan penunjang peringatan dini, evakuasi, serta tanggap darurat dan meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam melaksanakan standar operasional prosedur.

Apel tersebut diiringi dengan latihan simulasi bencana agar pihak yang terlibat dalam penanganan bencana dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi ancaman bencana hidrometeorologi khususnya di DIY. Dengan demikian, kata Noviar, dampak bencana bagi masyarakat dapat diminimalisasi.

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023.
Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo,
dan Surabaya di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi