Kamis, 29/02/2024 - 17:59 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Tanpa Disadari, Kebiasaan Kecil Ini Bikin Tidur tak Nyenyak

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Tidur yang nyenyak dan berkualitas memegang peranan penting dalam menunjang kesehatan tubuh. Sayangnya, kualitas tidur bisa terganggu oleh beberapa kebiasaan sehari-hari yang umum dilakukan oleh banyak orang.

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

Berdasarkan sebuah studi pada 2019, gangguan tidur menjadi sebuah epidemi kesehatan masyarakat yang tersembunyi selama beberapa tahun ke belakang. Yang cukup mengejutkan, ada cukup banyak faktor pengganggu tidur yang ternyata berkaitan dengan aktivitas yang dilalukan oleh orang-orang saat terjaga.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

Setidaknya, ada tiga kebiasaan dalam keseharian yang jarang disadari bisa mengganggu kualitas tidur di malam hari. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan tersebut, seperti dilansir Healthline pada Senin (4/12/2023):

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

1. Olahraga malam

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional
Berita Lainnya:
Udang Sumber Protein Tinggi, Bermanfaat untuk Jantung, Tulang, dan Kulit

Secara umum, kebiasaan berolahraga bisa membantu memperbaiki kualitas tidur. Hanya saja, olahraga yang dilakukan pada malam hari bisa mempengaruh ritme sirkadian atau jam biologis tubuh.

ADVERTISEMENTS

Sudi pada 2019 menunjukkan bahwa olahraga yang dilakukan pada jam 07.00 atau pukul 13.00-16.00 dapat memunculkan rasa kantuk yang lebih awal pada malam hari. Sebaliknya, olahraga yang dilakukan antara jam 19.00-22.00 malam dapat membuat rasa kantuk muncul lebih lambat. Bila memungkinkan, olahraga sebaiknya dilakukan sebelum jam 19.00 malam.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

2. Permainan pikiran

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh

Melakukan aktivitas yang merangsang pikiran, seperti membaca buku yang menstimulasi mental atau emosi, bisa mempersulit tidur pada malam hari. Selain itu, pikiran yang terstimulasi secara berlebihan sebelum tidur bisa meningkatkan peluang munculnya mimpi yang mengganggu saat tidur.

Berita Lainnya:
Diklaim Bisa Atasi Ngorok, Tren Plester Mulut Justru Membahayakan!

Akan lebih baik bila orang-orang melakukan aktivitas yang merelaksasi sebelum tidur. Beberapa di antaranya adalah mendengarkan lagu yang menenangkan, meditasi, berdoa, atau mandi air hangat.

3. Aroma yang menstimulasi

Wewangian yang menenangkan dapat mempermudah tidur pada malam hari. Namun sebaliknya, wewangian yang menstimulasi bisa memberikan efek sebaliknya. Beberapa contoh wewangian yang menstimulasi adalah pepermint, jeruk, jahe, rosemary, basil, eukaliptus, dan melati.

Bila ingin mempermudah tidur, orang-orang sebaiknya beralih ke wewangian yang menenangkan. Beberapa contohnya adalah lavender, sandalwood, mawar, bergamot, ylang ylang, serta akar wangi.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi