Selasa, 21/05/2024 - 10:22 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Keluarga Berencana Dirikan Museum Tjutju Widjaja di Bandung

BANDUNG — Sebuah penghormatan dalam memperingati satu tahun wafatnya seniman di bidang seni lukis dan kaligrafi, Doktor ilmu seni rupa dan desain dari Kota Bandung Dr. Tjutju Widjaja S.Sn, M.Sn. Acara ini dihadirkan dalam bentuk perjalanan Karya dan Karsa melalui Pendidikan, Seni dan Sosial dalam rangka mengenali kembali identitas seniman perempuan Tjutju Widjaja.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Kegiatan yang berlangsung di Intercontinental Bandung Dago Pakar pada 5-7 Desember 2023 ini juga ditujukan sebagai bagian dari persiapan penyelenggaraan pameran tunggal Tjutju Widjaja di d-Gallerie (Jakarta) pada awal tahun 2024 nanti. Persiapan serta penyelenggaraan kegiatan pameran yang telah beliau kerjakan lebih dari 50 persen itu akan dilanjutkan oleh pihak keluarga  bersama dengan d-Gallerie.

Bekerja sama dengan InterContinental Bandung Dago Pakar yang memberikan dukungan penuh terhadap seniman lokal Bandung, Karya & Karsa diharapkan dapat dinikmati oleh publik selama tiga hari.

Berita Lainnya:
Geram Lihat Israel Serang Rafah, John Cusack Sebut Itu Pembantaian Massal, AS Jahat Banget

“Kerja sama ini merupakan bentuk kepedulian InterContinental Bandung Dago Pakar terhadap seni, Pendidikan, dan sosial di Kota Bandung. Diharapkan dengan bentuk kepedulian ini, warga Kota Bandung dapat menjaga kelestarian karya-karya dari seniman lokal Bandung, terutama seniman perempuan,” ujar General Manager InterContinental Bandung Dago Pakar, Pascal Caubo, dalam rilisnya, Kamis (7/12/2023).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Bagi warga, komunitas pendidikan, serta komunitas seni dan Budaya di Bandung, sosok Tjutju Widjaja adalah figur istimewa. Sebagian dari catatan dan dokumentasi tentang karya dan karsa beliau kini turut ditampilkan.

Peristiwa peringatan ini tidak semata-mata dinyatakan sebagai cara untuk mengingat-ngingat saja namun yang lebih penting justru menjadikannya sebagai moment untuk terus menghidupkan inisiatif, usaha, tindakan, serta pengorbanan yang telah beliau berikan menjadi gerak kemajuan seni dan budaya di kota Bandung.

ADVERTISEMENTS

Semua kisah pengalaman maupun sikap penghargaan yang dinyatakan oleh publik Bandung bagi beliau akan menjadi bahan catatan dan informasi penting bagi pihak keluarga serta menjadi bagian dari gagasan pendirian Museum Tjutju Widjaja di Bandung.

ADVERTISEMENTS

 

Berita Lainnya:
Istilah 'Koket Girl' Muncul Seiring Ramainya Kasus Dugaan Penyalahgunaan KIP-K, Apa Itu?

Untuk dikukuhkan sebagai seorang pelukis beliau menempuh jenjang pendidikan formal seni rupa hingga mencapai jenjang tingkat yang tertinggi. Bergerak dari pendekatan kecenderungan realis, Tjutju Widjaja melakukan eksporasi kemungkinan ekspresi yang mampu terus menghidupkan tradisi seni lukis realisme ke dalam arus perkembangan seni rupa kontemporer.

Tentu saja tidak mudah namun karya-karya yang telah diciptakannya mampu memberikan ‘tawaran estetis’ yang berarti tidak hanya bagi perkembangan seni lukis di Bandung tetapi juga bagi seni rupa Indonesia.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi