Rabu, 01/05/2024 - 08:03 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kereta Cepat Whoosh Layani 718 Ribu Penumpang Hingga 8 Desember

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat sejak dioperasikan pada Oktober 2023, jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh telah mencapai 718.507 orang hingga 8 Desember 2023.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Rinciannya, yaitu 14.399 penumpang first class, 25.709 penumpang business class, dan 678.399 penumpang premium economy class.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa dalam keterangannya di Jakarta, Minggu mengatakan untuk melayani puluhan ribu penumpang setiap harinya, KCIC terus menghadirkan berbagai fasilitas yang nyaman di Stasiun Halim, Padalarang, dan Tegalluar.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Kenyamanan, keamanan, dan efisiensi perjalanan menjadi hal yang paling dicari penumpang. Untuk itu, fasilitas yang disediakan di setiap stasiun Kereta Cepat Whoosh merupakan fasilitas yang kami rancang agar mampu memenuhi kebutuhan tersebut,” ucap Eva.

ADVERTISEMENTS

Secara rinci, Eva mengatakan di setiap stasiun sudah tersedia fasilitas pelayanan seperti loket, vending machine, ruang tunggu yang luas dan nyaman, toilet, area komersial untuk penumpang berbelanja di stasiun, musala, toilet hingga ruang VIP.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Di area komersial, berbagai macam tenant juga sudah hadir untuk melayani para penumpang yang sedang menunggu jadwal perjalanan Kereta Cepat Whoosh atau menunggu moda transportasi lanjutan. Saat ini, sudah lebih dari 50 tenant yang hadir di Stasiun dan 40 di antaranya merupakan UMKM dan akan terus bertambah di berbagai stasiun.

Berita Lainnya:
UMKM Pakaian di Tangerang Raup Rp 90 Juta Selama Ramadhan

Adapun, bagi penumpang dengan kebutuhan khusus, tersedia lift, eskalator, guide block, announcement yang jelas terdengar, kursi roda, dan petugas yang terlatih dan siap melayani berbagai kebutuhan penumpang.

Untuk fasilitas keamanan, KCIC juga telah menempatkan CCTV di berbagai titik stasiun, pemeriksaan barang menggunakan XRay sesaat sebelum masuk ke ruang tunggu dan kehadiran petugas pengamanan yang berjaga di berbagai titik untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

Selanjutnya, integrasi antarmoda di setiap stasiun seperti LRT di stasiun Halim, KA Feeder di Stasiun Padalarang, dan lainnya. KCIC menyebut fasilitas integrasi antarmoda tersebut sangat penting bagi masyarakat untuk menghubungkan Whoosh dengan kawasan publik.

KCIC merinci Stasiun Halim juga menyediakan antarmoda berupa LRT Jabodebek dengan rute Dukuh Atas-Jatimulya, Transjakarta 7W dengan rute Cawang-Stasiun Halim, Damri rute Bandara Internasional Soekarno-Hatta, dan taksi Bluebird maupun daring.

Kemudian, Stasiun Padalarang menyediakan antarmoda berupa KA feeder rute Padalarang-Bandung, Commuter Line Bandung Raya rute Padalarang-Cicalengka, Commuter Line Garut rute Purwakarta-Padalarang-Garut, dan taksi Bluebird maupun daring.

Selanjutnya, Stasiun Tegalluar menyediakan antarmoda terdiri atas Damri rute Stasiun Tegalluar, Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Masjid Al Jabbar, Stasiun Gedebage, Metro Indah Mall, Trans Studio Mall, Jl. Asia Afrika, Alun-Alun Bandung, Pasar Baru. Lalu, bus menuju Summarecon dan dan taksi Bluebird maupun daring.

Berita Lainnya:
KAI Catat 3,2 Juta Tiket Kereta Jarak Jauh Terjual pada Masa Angkutan Lebaran 

“Bagi yang membawa kendaraan pribadi, dapat menyimpan kendaraan dengan aman dan nyaman karena di stasiun telah tersedia penyelenggara parkir yang akan mengatur dan menjaga kendaraan selama berada di stasiun. Saat ini layanan tersebut sudah ada di Stasiun Halim dan Tegalluar,” kata Eva.

KCIC juga sudah membuka kerja sama dengan berbagai pihak untuk menghadirkan lebih banyak lagi pilihan moda transportasi lanjutan sehingga Whoosh semakin mudah dijangkau oleh masyarakat.

“Tentunya, kerja sama ini pun akan terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan penumpang. Akses dan integrasi juga merupakan fasilitas penting. Tanpa kedua hal ini, tentu pelayanan jadi tidak maksimal. Jadi, kami berkolaborasi dan melibatkan berbagai pihak untuk menyediakan fasilitas tersebut dan Alhamdulillah kemudahan aksesibilitas dan integrasi moda di area stasiun saat ini sudah bisa dinikmati penumpang,” ujarnya.

Kereta Cepat Whoosh merupakan layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara dengan rute Jakarta-Bandung dan melayani empat stasiun, yakni Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi