Minggu, 26/05/2024 - 03:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

3 Sandera Israel Ditembak Mati IDF Bukti Kekerasan Berlebihan Israel Terhadap Warga Sipil di Gaza

BANDA ACEH – Ketika Israel mengumumkan pembunuhan sandera oleh tentara IDF sendiri, banyak pengamat dan kritikus merasa khawatir tentara Israel telah banyak melakukan kekerasan berlebihan terhadap Warga sipil di Gaza.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Warga Israel Israel tercengang dan tidak bisa berkata-kata ketika tiga sandera yang ditahan oleh Hamas dibunuh oleh pasukan Israel sendiri.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Para Sandera warga Israel itu telah mengibarkan bendera putih dan bertelanjang dada, dan berteriak dengan Bahasa Ibrani memberi isyarat bahwa mereka tidak akan menimbulkan ancaman kepada anggota militer Israel IDF.

Bagi sebagian orang, insiden tersebut merupakan contoh mengejutkan betapa buruknya perang, di mana medan perang yang kompleks dan berbahaya tidak aman bagi siapa pun.

Namun bagi para kritikus, insiden ini menggarisbawahi apa yang mereka katakan sebagai tindakan kekerasan berlebihan yang dilakukan aparat keamanan Israel terhadap warga Palestina.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dalam kasus ini, penembakan sandera Israel oleh anggota IDF ini memperpendek nyawa tiga warga Israel yang berusaha mati-matian menyelamatkan diri mereka sendiri.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Ini memilukan tetapi tidak mengherankan,” kata Roy Yellin, direktur penjangkauan publik kelompok hak asasi manusia Israel B’Tselem dikutip dari Time.

“Kami telah mendokumentasikan selama bertahun-tahun banyak sekali insiden orang-orang yang jelas-jelas menyerah dan masih ditembak.”

ADVERTISEMENTS

Yellin mengatakan pembunuhan itu melanggar etika dasar militer dan hukum internasional yang melarang penembakan terhadap orang yang mencoba menyerah, baik kombatan atau bukan.

ADVERTISEMENTS

Namun dia mengatakan hal itu adalah bagian dari tren kekerasan berlebihan yang tidak dihukum dan dalam beberapa pekan terakhir telah menelan korban warga Israel sendiri.

Berita Lainnya:
Prabowo Tidak Hadiri Undangan Hajatan PKS

Kronologi tertembaknya 3 sandera, menurut seorang pejabat militer, ketiga sandera, semuanya laki-laki berusia 20-an, muncul dari sebuah gedung dekat dengan posisi tentara Israel di lingkungan Shijaiyah Kota Gaza, tempat pasukan memerangi militan Hamas dalam pertempuran sengit.

Mereka mengibarkan bendera putih dan bertelanjang dada, mungkin mencoba memberi isyarat bahwa mereka tidak menimbulkan ancaman.

Dua orang tewas seketika, dan yang ketiga berlari kembali ke dalam gedung sambil berteriak minta tolong dalam bahasa Ibrani yang merupakan bahasa yang digunakan Israel sehari-hari.

Komandan mengeluarkan perintah untuk menahan tembakan, namun ledakan tembakan lainnya menewaskan orang ketiga, kata pejabat tersebut.

Panglima Angkatan Darat, Letkol Herzi Halevi, mengatakan para sandera telah melakukan segala kemungkinan untuk memperjelas bahwa mereka tidak menimbulkan ancaman, namun tentara bertindak seolah-olah sedang dalam pertempuran dan di bawah tekanan.

Pada hari Minggu, Halevi meninjau kembali aturan keterlibatan dengan pasukan, dan mengatakan larangan menembaki mereka yang menyerah juga harus berlaku saat mereka adalah warga Palestina.

Berita Lainnya:
PDIP: Rakyat Khawatir Syarat Pemimpin Harus Punya Koneksi Politik dan Uang

“Ketika Anda melihat dua orang yang tidak mengancam Anda, yang tidak memiliki senjata, yang mengangkat tangan dan tidak mengenakan baju, luangkan waktu dua detik,” katanya dalam komentar yang disiarkan di TV Israel.

“Dan saya ingin memberi tahu Anda sesuatu yang tidak kalah pentingnya: jika ini adalah dua warga Gaza berbendera putih yang ingin menyerah, apakah mereka akan kami tembak? Sama sekali tidak. Sama sekali tidak. Itu bukan IDF (Pasukan Pertahanan Israel).”

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada hari Sabtu bahwa pembunuhan itu menghancurkan hati saya, menghancurkan hati seluruh bangsa.

Namun dia mengindikasikan tidak ada perubahan dalam upaya Israel melakukan penyerangan secara intensif.

Dengan opini umum yang mendukung upaya militer tersebut, kematian para sandera sepertinya tidak akan mendorong perubahan dalam suasana hati masyarakat.

Israel mengatakan sejumlah sandera tewas dalam penawanan Hamas. Namun kematian ketiga sandera itu mengejutkan karena mereka dibunuh oleh pasukan yang berusaha menyelamatkan mereka.

Sekitar 129 sandera masih berada di Jalur Gaza, menurut militer Israel, dan penderitaan mereka telah mencengkeram negara tersebut, yang menganggap penahanan mereka sebagai perwujudan kegagalan keamanan seputar serangan Hamas pada 7 Oktober yang memicu perang.

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS
1 2 3

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi