Selasa, 30/04/2024 - 06:05 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Kim Jong-un Perintahkan Militer dan Industri Senjata Percepat Persiapan Perang

ADVERTISEMENTS

Layar TV menampilkan gambar pemimpin Korea Utara Kim Jong Un selama program berita di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, Korea Selatan, Senin, (18/12/2023).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

SEOUL– Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un memerintahkan militer, industri amunisi dan sektor senjata nuklir untuk mempercepat persiapan perang untuk menghadapi apa yang ia sebut langkah konfrontatif yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Amerika Serikat (AS).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kantor berita Korut, KCNA, melaporkan saat membahas arah kebijakan untuk tahun baru di pertemuan kunci partai berkuasa, Kim juga mengatakan Pyongyang akan memperluas kerjasama strategis dengan negara-negara “merdeka anti-imperialisme.”

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Ia (Kim-red) menetapkan empat tugas milisi untuk Tentara Rakyat dan industri amunisi, sektor pertahanan sipil dan senjata nuklir untuk mempercepat persiapan perang,” kata KCNA dalam laporannya, Rabu (27/12/2023). Korut memperkuat hubungan dengan Rusia. Washington menuduh Pyongyang memasok peralatan militer yang Moskow gunakan dalam perangnya di Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Korut Kirim Delegasi ke Iran di Tengah Dugaan Kerja Sama Senjata

Sementara Rusia memberikan bantuan teknis untk membantu Korut memperkuat kapabilitas militernya. Dalam laporannya, KCNA menambahkan di pertemuan tersebut Kim juga mengungkapkan tujuan-tujuan ekonomi untuk tahun depan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Kim menyebut tahun depan “tahun yang menentukan” untuk mencapai rencana pembangunan lima tahun. “Beliau menjelaskan tugas-tugas penting untuk tahun baru untuk lebih dinamis mendorong sektor-sektor industri penting dan menyerukan stabilitas produksi pertanian di tingkat tinggi,” kata KCNA.

Beberapa dekade terakhir Korut mengalami kelangkaan pangan parah, termasuk kelaparan pada tahun 1990-an, yang biasanya disebabkan bencana alam. Pakar internasional memperingatkan penutupan perbatasan selama pandemi Covid-19 memperburuk ketahanan pangan.

Berita Lainnya:
Seruan Tribunal Perbudakan Transatlantik Semakin Kuat 

Hasil panen Korut pada 2023 diperkirakan naik year-on-year karena cuaca yang mendukung. Tapi, pejabat pemerintah Korea Selatan (Korsel) mengatakan jumlahnya masih jauh dibawah yang dibutuhkan Korut untuk mengatasi kelangkaan pangan kronis.

Rapat pleno kesembilan komite ke-8 Partai Pekerja Korea yang dimulai Selasa (26/12/2023) lalu, menutup tahun di mana Korut yang terisolasi mengabadikan kebijakan nuklirnya ke dalam konstitusi. Termasuk juga, meluncurkan rudal mata-mata dan meluncurkan rudal balistik antarbenua.

Beberapa tahun terakhir Korut menggunakan rapat partai dan pejabat pemerintah yang berlangsung selama untuk mengumumkan kebijakan penting. Sebelumnya, media pemerintah merilis pidato Kim pada Hari Tahun Baru. 

sumber : reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi