Selasa, 30/04/2024 - 03:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

SEJARAH

Kapan Masjid Al-Aqsa dibangun dan Siapa yang Membangunnya?

ADVERTISEMENTS

Masjid Al-Aqsa adalah masjid kedua yang ditempatkan di bumi, di mana sebagian besar ulama berpendapat bahwa malaikat atau Adam ‘alaihi salam atau salah satu putranya adalah orang-orang yang membangun Masjid Al-Aqsa, empat puluh tahun setelah Masjidil Haram dibangun.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

ففي صحيح مسلم من حديث أبي ذر الغفاري رضي الله عنه قال: “قلت يا رسول الله: أي مسجد وُضِع في الأرض أولا؟ قال: المسجد الحرام، قلت: ثم أي؟ قال: المسجد الأقصى، قلت: كم بينهما؟ قال: أربعون سنة، وأينما أدركتك الصلاة فصل، فهو مسجد”.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dalam Shahih Muslim dari hadits Abu Dzar al-Ghafari (ra dengan dia) ia berkata: “Aku berkata, Wahai Rasulullah: Masjid mana yang diletakkan di bumi terlebih dahulu? Dia berkata: Masjidil Haram, saya berkata: Lalu yang mana? Dia berkata: Masjid Al-Aqsa, saya berkata: Berapa banyak di antara mereka? Dia berkata, “Empat puluh tahun, dan di mana pun shalat menangkap Anda, itu adalah masjid.”

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Setelah air bah yang membanjiri bumi pada masa Nabi  Nuh, ‘alaihi salam, jejak bangunan A-Aqsa oleh Nabi Adam tetap ada. Akan tetapi lebih mungkin bahwa orang pertama yang membangunnya adalah Adam ‘alaihi salam setelah empat puluh tahun  peletakan pondasi Ka’bah al-Musyarrafah, tanpa didahului pembangunan gereja, kuil atau tempat peribadatan lainnya. Ibnu Hisyam menyebutkan dalam buku al-Tijan fi Muluk himyar, vol. 1/22, edisi pertama, bahwa Nabi Adam ‘alaihi salam setelah membangun Ka’bah: “Kemudian Allah Subhanahu wata’ala memerintahkan Nabi Adam untuk berjalan ke balad (negri) Maqdis, dan Jibril menunjukkan kepadanya bagaimana membangun Baitul maqdis,  kemudian Nabi ada membangun Baitul Maqdis dan beribadah di dalamnya.”

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Menhan AS dan Israel Bahas Stabilitas Regional Usai Serangan ke Iran

Ketika mengikuti perkembangan rekonstruksi  Masjidil Haram dan pemakmurannya, diikuti juga dengan rekonstruksi dan pamakmuran masjid Al-Aqsa a-Mubarakah, telah dimakmurkan oleh Nabi Ibrahim, sekitar tahun 2000 SM, dan kemudian putra-putranya Ishak dan Yakub, mengambil alih pemakmurannya setelahnya, dan Nabi Sulaiman juga memperbarui pembangunannya, sekitar tahun 1000 SM.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

فقد جاء في سنن ابن ماجة عَنْ عبد الله بن عمرو رضي الله عنهما عَنْ النبي صلى الله عليه وسلم قال:”لَمَّا فَرَغَ سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ مِنْ بِنَاءِ بَيْتِ الْمَقْدِسِ سَأَلَ اللَّهَ ثَلَاثًا: حُكْمًا يُصَادِفُ حُكْمَهُ، وَمُلْكًا لَا يَنْبَغِي لَأَحَدٍ مِنْ بَعْدِهِ، وَأَلَّا يَأْتِيَ هَذَا الْمَسْجِدَ أَحَدٌ لَا يُرِيدُ إِلَّا الصَّلَاةَ فِيهِ إِلَّا خَرَجَ مِنْ ذُنُوبِهِ كَيَوْمِ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ” فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: “أَمَّا اثْنَتَانِ فَقَدْ أُعْطِيَهُمَا، وَأَرْجُو أَنْ يَكُونَ قَدْ أُعْطِيَ الثَّالِثَةَ


Diriwayatkan dalam Sunan bin Majah dari ‘Abdullah ibn ‘Amr) berkata: “Ketika Sulaiman ibn Daud selesai membangun Bayt al-Maqdis, Nabi Sulaiman bertanya kepada Allah tiga hal: Hukum yang bertepatan dengan pemerintahannya, dan Pemimpin yang tidak ada setelah dia, dan bahwa tidak ada yang datang ke masjid ini yang kecuali ingin shalat di dalamnya kecuali diampunkan dosa-dosanya sebagaimana hari ibunya melahirkannya. Adapun  yang kedua, saya telah memberikannya, dan saya harap saya telah memberikan yang ketiga.

Berita Lainnya:
Geram Lihat Israel Serang Rafah, John Cusack Sebut Itu Pembantaian Massal, AS Jahat Banget

Hadits ini jelas bertentangan dengan apa yang dikatakan para ulama tentang pembangunannya oleh Nabi Adam, dan Ibn al-Jawzi, al-Qurtubi dan lain-lain menjawab masalah ini, dan Hafiz Ibn Hajar setuju dalam Fath al-Bari bahwa Nabi Sulaiman, merenovasi dan memperluas Masjid Al-Aqsa setelah itu sudah ada sejak Adam, sama seperti Nabi Ibrahim, membangun ka’bah  setelah itu sudah ada sejak Nabi Adam setelah bangunan dasar dan air bah yang ada di zaman Nabi Nuh membanjiri bumi pada waktu itu  dimaksud dengan hadits adalah bahwa Nabi Sulaiman memperbarui konstruksi dan bangunannya untuk ibadah, dan itu tidak dimaksudkan bahwa ia membangun dari awalnya, dan Nabi tidak bersabda tentang pembangunan bayt Maqdis melainkan hanya dengan dua hadits ini.

Wallahu a’lam bis shawab.

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi