Selasa, 30/04/2024 - 03:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Jumlah ASN Tambah 2,3 Juta Tahun Ini, Taspen Sebut Potensi Besar

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Direktur Utama PT Taspen ANS Kosasih menyatakan, perusahaannya terus berupaya mengelola dana pensiun Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat negara. Apalagi, tahun ini jumlah ASN akan bertambah sekitar 2,3 juta.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Tahun ini (ASN) bertambah 2,3 juta lagi. Sebanyak 600 ribu sampai 700 ribu orang ASN baru dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) yang diangkat 1,6 juta, ini akan menjadi potensi pasar besar,” ujarnya dalam Taspen Day di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (16/1/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Demi memenuhi kebutuhan para ASN di masa pensiun, kata dia, Taspen pun melakukan survei di 57 kantor cabang Taspen di daerah. Hasilnya, ada tiga kesimpulan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Pemerintah Ingin Pungut Iuran Pariwisata dari Tiket Pesawat, Pengamat: Tidak Etis
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pertama, ASN takut tidak sejahtera di masa tua. Kedua, ASN takut sakit dan membiayai kesehatan. Ketiga, ASN takut tidak mempunyai tempat tinggal.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

“Dari tiga hal itu, apa yang bisa kita sediakan. Taspen punya Taspen Life yang mempunyai produk DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) dan beberapa asuransi jiwa yang ringan cicilannya,” jelas Kosasih.

Ia menuturkan, saat ini Taspen tidak hanya melayani pensiunan ASN, tapi juga ASN yang masih aktif. Dirinya menambahkan, jumlah pensiunan pun bakal terus bertambah setiap tahun.

“Tahun kemarin (pensiunan Taspen) bertambah 200 sampai 300 orang setiap tahun. Apalagi pegawai negeri, kami polanya mengikuti ASN,” katanya.

Disebutkan, per 31 Desember 2023, Taspen melayani 6,79 peserta. Terdiri dari 3,6 juta peserta aktif dan tiga juta pensiunan.

Berita Lainnya:
Kementerian Investasi Cek Tata Kelola Investasi PT Vale

“85 persen (ASN) di antaranya ada di daerah, bukan di kota,” ujar dia. Dirinya menegaskan, Taspen sudah 60 tahun melayani ASN, maka ke depannya perseroan akan berusaha melayani secara lebih baik.

Kosasih menambahkan, pelayanan Taspen terus meningkat dari tahun ke tahun. Itu karena, perusahaan sudah menerapkan teknologi sekaligus memperhatikan pensiunan yang belum melek digital.

Dijelaskan, pelayanan Taspen sangat luas jangkauannya. Dari mulai mengantarkan dana langsung ke pensiunan secara tunai, hingga melalui digitalisasi seperti lewat telepon genggam.

“Autentifikasi juga sudah tidak pakai surat menyurat. Cukup bisa lewat telepon genggam (bisa) ketahuan dia masih hidup dan sehat,” kata Kosasih. 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi