Kamis, 02/05/2024 - 05:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Polbangtan Kementan Dukung Kinerja P4S Binaan PPIU Jatim

ADVERTISEMENTS

 PASURUAN — Kementerian Pertanian RI melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) saat ini mendorong terbentuknya 320 ribu petani muda di pedesaan hingga 2025. Guna mendukung target tersebut, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) yakni Polbangtan Malang fasilitasi kreativitas generasi milenial berkarya dan berwirausaha di sektor pertanian melalui Ekosistem Kewirausahaan Pertanian. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Diwadahi oleh Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS) yang merupakan kolaborasi Kementan dengan International Fund of Agriculture Development (IFAD) bagi pengembangan regenerasi pada sektor pertanian. Program YESS mengusung sejumlah kegiatan seperti Pelatihan, PWMP, Permagangan, dan Pendampingan Usaha. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman menegaskan berupaya membangun ekosistem baru di sektor pertanian agar anak-anak muda mempunyai ruang untuk meraih laba sehingga sektor pertanian menarik bagi generasi milenial.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Saya ingin agar anak-anak muda kita juga mau melirik pertanian sebagai sektor unggulan,” katanya. Kementan melalui Pendampingan dan Pengawalan terhadap Penerima Manfaat (PM) harapannya dapat memberikan stimulus kepada Petani Muda YESS agar dapat mengembangkan usahanya, di antaranya dengan mendorong petani muda untuk mengolaborasikan usaha mereka dan bertransformasi menjadi Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kementan Kirim 61 Petani Muda Magang ke Taiwan

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Hal ini sejalan dengan arahan Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi bahwa melalui P4S dapat dijadikan sebagai pusat pembelajaran bagi petani harus menghadirkan inovasi yang dibutuhkan pertanian.

“P4S menjadi andalan, harapan dan masa depan pembangunan pertanian kita. Keberadaan P4S diharapkan menjadi pembahari perdesaan dalam upaya untuk meningkatkan ketersediaan pangan lokal melalui pemanfaatan teknologi smart farming dan petani milenial,” katanya.

Bertempat di P4S Tani Makmur Kabupaten Pasuruan, menjadi saksi acara penting dalam dunia pertanian dan perdesaan swadaya dengan terselenggaranya Pertemuan Kuartal P4S se-Jawa Timur yang digelar oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan. Kegiatan tersebut, bukan hanya pertemuan rutin, sekaligus dilaksanakan peresmian dan penyerahan sertifikat, yang menandai resmi berdirinya P4S binaan Program YESS 

Kegiatan dihadiri oleh Kepala BBPP Ketindan, Pengarah dan Liaison Officer (LO) Program YESS Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Jawa Timur Kab. Pasuruan, Duta Petani Andalan/Duta Petani Milenial (DPA/DPM) Wilayah Jawa Timur, Forum Komunikasi P4S se-Jawa Timur. 

Kegiatan Pertemuan Kuartal dibuka oleh Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor yang menuturkan bahwa P4S tidak hanya menjadi tempat belajar dan berkumpul, juga menjadi simbol kemajuan dan kemandirian petani dalam mengelola pertanian dan perdesaan swadaya. 

Berita Lainnya:
Polisi Selidiki Remaja Tewas Akibat Overdosis Narkoba di Kebayoran Baru

“Kami berkomitmen terus mendukung dan memfasilitasi para petani agar dapat terus berkembang dan berkontribusi positif bagi pembangunan pertanian di daerah ini,” katanya.

Di tengah semarak Pertemuan Kuartal, sorotan utama tertuju pada peresmian dan penyerahan Sertifikat P4S kepada petani binaan Program YESS. Ada pun 7 P4S yang merupakan binaan dari Petani Muda Program YESS yakni P4S Mulia Kharisma di Kabupaten Banyuwangi; P4S Sido Marem di Tulungagung; P4S Inovasi Pangan Lestari di Malang; P4S Agroeduwisata Temon Agro Lestari dan P4S Remen Tani di Pacitan; P4S Junior Farm Agritech dan P4S Jaminan Makmur di Pasuruan.

Di tempat terpisah, Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana mengatakan bahwa penyerahan Sertifikat P4S menjadi bukti nyata komitmen Kementan bersama YESS mendukung para petani binaan. “Tujuannya, agar mampu bersaing dan berkembang dalam lingkungan pertanian yang semakin kompetitif,” katanya.

Hal senada dikemukakan Project Manager PPIU Jatim, Acep Hariri bahwa peresmian P4S binaan Program YESS menjadi momentum untuk apresiasi peran penting Program YESS dalam memajukan sektor pertanian di Jawa Timur. 

“Melalui program ini, tercipta sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun kemandirian ekonomi di pedesaan,” katanya.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi