Kamis, 02/05/2024 - 10:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Komika yang Banting Setir Jadi Sutradara, Ada yang Filmnya Raih Jutaan Penonton

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Pelawak tunggal atau komika sering kali menuangkan kreativitas dan orisinalitas mereka ke dalam karya. Tak hanya dalam bentuk pertunjukan lawak yang menghibur, para pelawak tunggal juga mampu menuangkan kreativitas dan orisinalitas mereka dalam berbagai bentuk karya lainnya, termasuk film.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Saat ini, ada cukup banyak komika yang menyelami industri perfilman dan membuktikan keterampilan mereka. Sebagian di antaranya mungkin menekuni pekerjaan sebagai aktor dan penulis, namun ada pula yang menjajal kursi sutradara.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Berbekal kreativitas dan orisinalitas yang mereka miliki, tak sedikit komika yang mampu menggarap film-film berkualitas. Sebagian dari mereka bahkan berhasil mengantongi banyak penghargaan sebagai sutradara. Berikut ini adalah empat komika atau pelawak tunggal yang berhasil banting setir menjadi sutradara:

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

1. Muhadkly Acho

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Pria kelahiran 16 Oktober 1983 ini mulai aktif menekuni karier sebagai komika pada 2011. Acho lalu melebarkan sayap ke industri perfilman dan mencoba berakting lewat film Luntang Lantung pada 2014. Pada tahun yang sama, Acho juga menjajal keterampilan sebagai pengembang naskah melalui film Bajaj Bajuri the Movie.

Acho mulai menekuni profesi sebagai sutradara melalui film Gara-Gara Warisan. Di film ini, Acho juga berperan sebagai penulis skenario. Keterampilannya sebagai sutradara dan penulis skenario membuat sang komika berhasil meraih nominasi sebagai Sutradara Terbaik dan Penulis Skenario Terbaik dalam Festival Film Wartawan Indonesia 2022.

Berita Lainnya:
Aktor Korea Ji Chang-wook Adakan Fansign di Lotte Mall Kuningan Jakarta 12 Mei, Gratis!

Film kedua yang digarap oleh Acho sebagai sutradara sekaligus penulis skenario adalah Ghost Writer 2. Melalui film ini, Acho mendapatkan nominasi sebagai Penulis Skenario Terpuji Film Bioskop pada Festival Film Bandung 2022.

Acho semakin memantapkan sepak terjangnya sebagai sutradara dan penulis melalui film Agak Laen yang baru dirilis pada 2024. Film horor komedi ini mendapatkan respons positif dan mampu merangkul lebih 2 juta penonton.

Selain menggarap film, Acho juga pernah menyutradarai serial populer “Induk Gajah”. Serial yang ditayangkan di Prime Video ini dibintangi oleh Marshanda, Tika Panggabean, serta Dimas Anggara.

2. Bene Dion

 

Pria kelahiran Dolok Masihul, Sumatra Utara, ini mulai aktif melakukan open mic pada 2011, setelah bergabung dengan komunitas Stand Up Indo Jogja. Bene lalu menjajal keterampilan beraktingnya sejak 2015 melalui film Comic 8: Casino Kings Part 1 dan Ngenest.

Bene kemudian melakukan debut sebagai sutradara film melalui Ghost Writer yang dirilis pada 2019. Film ini membawa Bene sebagai nomine untuk kategori Penyutradaraan Berbakat Film Panjang karya Perdana Terpilih pada Piala Maya 2020. Film yang dibintangi oleh Tatjana Saphira dan Ge Pamungkas ini berhasil menembus lebih dari 1 juta penonton.

Berita Lainnya:
Kocaknya Jacob C, Tiktoker AS yang Rajin Balas Komen Warga Indonesia Pakai Bahasa Jawa

Bene kembali membuktikan keterampilannya sebagai sutradara melalui film Ngeri-Ngeri Sedap atau Missing Home. Film berlatar Suku Batak ini dibanjiri dengan nominasi dan penghargaan dari beragam ajang penghargaan bergengsi. Melalui film ini, Bene berhasil memenangkan penghargaan sebagai Sutradara Terbaik dan Penulis Skenario Terbaik di Festival Film Wartawan Indonesia 2022 dan Penulisan Skenario Asli Terpilih serta Penyutradaraan Terpilih di Piala Maya 2022.

Film terbaru garapan Bene, Ganjil Genap, telah dirilis pada 2023. Film bergenre komedi romantis yang diadaptasi dari novel ini dibintangi oleh Oka Antara, Baskara Mahendra, hingga Clara Bernadeth.

3. Ernest Prakasa

 

Pria kelahiran 29 Januari 1982 ini mengawali kariernya sebagai pelawak tunggal pada 2011 melalui Stand Up Comedy Indonesia. Ernest lalu mendirikan Stand Up Indo yang merupakan komunitas pelawak tunggal pertama di Indonesia.

Ernest mulai menekuni keterampilan beraktingnya sebagai aktor melalui film Make Money yang dirilis pada 2013. Ernest kemudian melakukan debut sebagai sutradara melalui film Ngenest yang dirilis pada 2015. Melalui film ini, Ernest mengantongi penghargaan sebagai Sutradara Muda Berbakat, Penulis Skenario Terbaik, serta Penulis Skenario Adaptasi Terpilih dari beberapa ajang penghargaan.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi