Kamis, 29/02/2024 - 02:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Houthi Kembali Tembaki Kapal Kargo di Laut Merah

ADVERTISEMENTS

Pejuang Houthi menggelar unjuk rasa untuk mendukung warga Palestina di Jalur Gaza dan menentang serangan udara pimpinan AS di Yaman, di Sanaa, Yaman, Senin, 29 Januari 2024.

ADVERTISEMENTS
Nisfu Sya'ban

DUBAI — Houthi mengatakan mereka menembak kapal kargo di Laut Merah dalam serangan terbaru yang dimulai sejak perang Israel-Hamas di Gaza pecah. Kelompok itu diidentifikasi kapal yang ditembak itu sebagai Star Iris.

ADVERTISEMENTS
Pasar Murah Khusus Pensiunan

Dalam pernyataan yang disiarkan di televisi pada Senin (12/2/2024) juru bicara militer Houthi, Yahya Saree mengatakan kapal tersebut merupakan kapal Amerika tapi lembaga-lembaga pelacak kapal mengatakan kapal berbendera Marshall Island itu milik Yunani.

ADVERTISEMENTS
Isra' Mi'raj

Perusahaan keamanan maritim Inggris, Ambrey dan lembaga Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) mengatakan kapal kargo curah berbendera Marshall Island milik Yunani ditembak rudal dalam dua insiden saat melewati selat Bab al-Mandab. Ambrey mengatakan kapal itu dilaporkan mengalami kerusakan pada sisi kanannya.

ADVERTISEMENTS
Hari Pers Nasional
Berita Lainnya:
Aktivis Sayap Kanan Israel Halangi Truk Bantuan Masuk Gaza

Houthi yang menguasai wilayah terpadat di Yaman sudah berulang kali melepaskan tembakan rudal dan drone ke kapal-kapal komersial yang melewati Laut Merah sejak pertengahan November lalu. Sebagai bentuk solidaritas pada rakyat Palestina yang dibombardir Israel di Gaza.

ADVERTISEMENTS

Serangan-serangan tersebut mendorong perusahaan-perusahaan pelayaran mengalihkan jalur kapalnya dari Laut Merah ke jalur yang mengitari Afrika. Keputusan ini menambah biaya dan waktu pengiriman barang.

ADVERTISEMENTS
Bayar Tol dengan Pengcard
ADVERTISEMENTS
Mari Berbagi dengan Action

Ambrey melaporkan kapal kargo melihat sebuah proyektil di dekat kapal 23 mil laut timur laut Khor Angar Djibouti dan 40 mil laut di barat daya kota pelabuhan Mokha di Laut Merah, Yaman. Ambrey mengatakan  kapal kargo curah tersebut dilaporkan menuju Bandar Imam Khomeini, sebuah kota di Iran.

ADVERTISEMENTS
KUR Syariah Bank Aceh
Berita Lainnya:
Kembalinya Repatriasi Pekerja Migran di Malaysia

“Operator dan grup pemilik kapal secara teratur memperdagangkan kargo curah dengan Iran, jadi ini dinilai sebagai tujuan yang mungkin,” tambah perusahaan itu.

Grup pemilik kapal kargo curah tersebut terdaftar di indeks pasar saham AS, NASDAQ. Ambrey mengatakan kemungkinan hal ini yang menyebabkan kapal tersebut diserang.

UKMTO mengatakan mereka sudah menerima laporan tentang sebuah insiden di 40 mil laut (74 km) selatan Mokha. Kapal tersebut melaporkan diserang dua rudal. UKMTO menambahkan tidak ada awak kapal yang terluka dan dan kapal tersebut melanjutkan perjalanan ke pelabuhan berikutnya.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Apa jurus andalan kamu supaya nggak gampang sakit

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi