Selasa, 30/04/2024 - 16:47 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Puasa Bisa Lebih Baik untuk Kesehatan daripada Pengobatan?

ADVERTISEMENTS

RIYADH — Seorang ahli gizi dan pelatih kehidupan dari Inggris Nigel Calland, mengatakan, puasa adalah praktik yang paling bermanfaat bagi kesejahteraan fisik dan mental kita.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Jika Anda ingin benar-benar sehat, Insha’Allah, para dokter akan memberi tahu Anda untuk berpuasa daripada memberi Anda obat,” kata Nigel Calland, dilansir dari Arab News, Jumat (16/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Calland menjelaskan bagaimana puasa membawa perubahan signifikan dalam tubuh kita. Selama puasa, tubuh mulai memproduksi lebih banyak hormon pertumbuhan dan kortisol, dan kurangnya makanan menyebabkan tubuh menggunakan sel-sel jahat sebagai energi. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Tubuh beroperasi paling efisien ketika mengalami kejutan, yang pada dasarnya memicu semua mekanisme internal yang diarahkan untuk bertahan hidup,” katanya

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Calland memandangnya sebagai tempat dimana Islam dan kebugaran bisa bertemu. Tahun ini juga menandai partisipasi perdananya di Ramadhan, setelah dia baru-baru ini menjadi seorang Muslim selama perjalanan ke Arab Saudi. Setelah membaca Alquran dua kali dan merasa bahwa dia berada di jalan yang benar, Calland menyatakan keinginannya untuk pindah ke pemandu wisata yang dia temui di Riyadh. Pada hari itu juga, pemandu wisata membawanya ke Masjid Al-Rajhi di Riyadh.

“Saya pergi ke sana dengan Abdulaziz, dan dia sangat terhormat, dia menjelaskan semuanya secara rinci dan sebenarnya itu memunculkan banyak emosi bagi saya, jujur saja. Dan ya, untuk terlibat dalam itu luar biasa. Dan sekarang, saya seorang Muslim,” katanya.

Berita Lainnya:
Kisah Umar bin Abdul Aziz Mencopot Gubernur

Dia percaya bahwa Islam akan membimbingnya untuk tetap berada di jalan yang benar. “Banyak orang yang jauh dari kebenaran akhir-akhir ini. Dan saya merasa seperti kita harus melihat lebih dalam ke dalam orang-orang, mereka mencari kepuasan secara eksternal di lingkungan,” katanya, menambahkan, “sampai Anda memecahnya dan memahami diri sendiri, maka saat itulah hal-hal terungkap.”

Sebelum menjadi pelatih pribadi, Calland menghabiskan beberapa tahun bekerja sebagai insinyur. Pekerjaan ini membutuhkan banyak usaha fisik, yang melibatkan angkat berat, yang terbukti bermanfaat untuk sesi kebugarannya. Menggunakan otot-ototnya baik di dalam maupun di luar gym menginspirasinya untuk mengubah hasratnya menjadi bisnis.

Calland menyadari bahwa psikologi adalah faktor kunci dalam domainnya. Dia memandang dirinya sebagai seorang psikolog yang menekankan bahwa kesehatan dimulai dari dalam dan cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan menggerakkan tubuh Anda. 

“Apa yang orang tidak tahu, penangkal terbaik untuk depresi adalah latihan, karena bahkan latihan resistensi sebenarnya membangun mekanisme antidepresan di otot, jadi itu benar-benar mempertahankan tubuh,” katanya.

Dia mengkritik praktisi modern, khususnya di dunia Barat, karena hanya bertindak sebagai pemasok obat yang meresepkan obat tanpa memberikan informasi holistik. Menurutnya, pencegahan adalah solusinya, bukan hanya perbaikan sementara.

Berita Lainnya:
Idul Fitri Jadi Momen Silaturahim, Ini Pesan Nabi Muhammad SAW

“Jika Anda menggerakkan tubuh Anda, Anda merasa baik. Maka biarkan tubuh bergerak, ada manfaat yang tidak terbatas,” kata dia.

Calland menempatkan penekanan yang signifikan pada pelatihan online untuk menjaga koneksi dengan klien di seluruh dunia, terutama di dunia Arab. Inilah alasan dia berada di Arab Saudi pada awalnya, setelah menerima undangan dari salah satu kliennya. Dia melihatnya sebagai cara untuk melarikan diri dari suasana sibuk pekerjaan sehari-harinya di Baker Street, London, yang selalu ramai. Calland mengatakan bahwa dia merasa lebih nyaman di Riyadh, berkat keramahan di sana, dan percaya bahwa ada lebih banyak waktu untuk memperlakukan orang seperti yang mereka inginkan.

“Sangat indah untuk melihat budayanya. Orang hanya lebih bahagia, lebih fokus. Dan hal utama yang saya amati, karena kami telah melakukan beberapa perjalanan, adalah seberapa baik anak-anak berperilaku. Semua orang sangat tenang dan berbicara dengan sangat baik, ”katanya

Terpesona oleh budaya, orang-orang dan negara itu sendiri, dia mengisyaratkan menjadikan Riyadh sebagai basis rumahnya.

Untuk mewujudkan kata-katanya, wawancara ditutup dengan pertunjukan langsung oleh pelatih Nigel. Anda dapat melihat bagaimana kelanjutannya dengan melihat episode lengkapnya di YouTube.

 

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi