Selasa, 21/05/2024 - 09:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Saat Turun Berperang, Rasulullah SAW Loyal kepada Pasukannya Begitu Juga Sebaliknya

JAKARTA—Rasulullah SAW memperlihatkan wajah seorang pemimpin yang dicintai pengikutnya sehingga ketika dalam peperangan pun, banyak pasukannya rela mengorbankan tubuhnya terluka oleh serangan musuh.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Dalam Sirah Nabawiyah “Sejarah Lengkap Nabi Muhammad SAW” karya Abdul Hasan ‘Ali Al-Hasani An-Nadwi mengungkapkan bagaimana kecintaan sejumlah sahabatnya kepadanya dalam peperangan. Mereka rela mengorbankan diri sebagai temeng serbuan musuh.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Abu ‘Ubaidah bin al-Jarrah salah satu orang yang mempunyai kecintaan dan kasih sayang kepada Rasulullah SAW. Ia rela giginya tanggal karena mencabut salah satu dua pecahan baju besi yang menancap pada wajah Rasulullah SAW. 

Dia mencabut menggunakan giginya sebanyak dua kali dan dua-duanya menyenabkan giginya tanggal. Karena itu Abu ‘Ubaidah dikenal dengan Saqith at-Tatsniyatain (orang yang tanggal dua giginya).

Berita Lainnya:
Bukan Hanya Harta, Hal Sederhana ini Juga Sedekah Lho

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Sosok lain yang mencintai Rasulullah SAW hingga rela mengorbankan dirinya adalah Ziyad bin as-Sakan. Ia bersama lima sahabat lainnya bertempur di dekat Rasulullah SAW. Dan satu persatu dari mereka gugur.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ketika Ziyad terluka, Rasulullah berkata, “Bawa dia ke dekatku.” Dibawalah Ziyad ke dekat Rasulullah SAW lalu merebahkan kepalanya di dekat kakinya. Dan Ziyad meninggal saat pipinya menempel pada kaki Rasulullah SAW.

Peristiwa tersebut sebuah contoh tidak hanya mereka mencintai Rasulullah SAW. Namun hal yang sama ditunjukkan Rasulullah SAW kepada pasukan dan sahabat sahabatnya. Mereka menjalin hubungan saling mencintai dan sama-sama rela berkorban demi tegaknya agama Islam.

ADVERTISEMENTS

Cinta dan kasih sayang lainnya yang ditunjukkan Rasulullah SAW adalah ketika mengusap mata Qatadah bin an-Nu’man saat terluka akibat serangan musuh. 

ADVERTISEMENTS

Dia terluka di bagian pelipis. Rasulullah mengusapnya dengan tangannya hingga matanya lebih baik dan tajam.

Berita Lainnya:
Ketentuan Penting Hubungan Intim Suami Istri dan Hikmahnya Menurut Imam Ghazali

Rasulullah SAW juga menjadi penyemangat bagi Sa’ad bin Abi Waqqash ketika hendak melepaskan panah di dekat Rasulullah SAW. Rasulullah SAW mengambil panas untuk Sa’ad dan berkata, “Lemparlah dengan ayah ibuku sebagai tebusan.”

Akhlak mulia.. 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi