Selasa, 30/04/2024 - 11:19 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Suka Atau Tidak Suka, Beginilah Fakta Demokrasi Kita.

ADVERTISEMENTS

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Oleh : Muhlisin Ibnu Muhtarom*

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Salah-satu mata pelajaran favorit di pondok pesantren modern adalah Mahfudzat. Pelajaran yang berisi sya’ir indah pilihan dari Hadîts Nabi, Atsar Shahâbah dan Aqwâl ‘Ulama wa Udabâ ini, memang sangat menginspirasi. Tidak berlebihan jika salah-satu tujuannya adalah menanamkan filosofi kehidupan. Termasuk mengritisi kepemimpinan atau leadership.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dalam sebuah sesi perkuliahan di sekolah paskasarjana yang penulis ikuti di Magister Pendidikan Islam Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor, Guru Besar  UIN Jakarta, Prof. Dr. H. Abuddin Nata, pernah menyampaikan pencerahan bahwa berbagai macam bentuk negara dan sistem pemerintahannya yang ada di dunia, antara lain; Republik, Kerajaan, hingga Semi Kerajaan adalah pilihan metode (wasîlah) adapun maksud dan tujuan (ghâyah) utama adalah menyejahterakan warganya secara lahir bathin. 

ADVERTISEMENTS

Indonesia telah memilih Republik sebagai bentuk negara dengan Demokrasi sebagai sistem memilih pemimpinnya. Sya’ir yang dipelajari di kelas 5 TMI/KMI (XI MA/SMK) berikut ini, melatih critical thinking dengan mengritisi situasi dan kondisi yang jamak terjadi di negeri yang sama-sama kita cintai ini.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

من شعر حفنى ناصف بك، المتوفى سنة ١٩١٩ م

 

*يخاطب أحد الرؤساء*

أحييتَ أمالي و كنتُ أمتُّها # من طول ما لاقيتُ من إخواني

Berita Lainnya:
Diduga Korban Nafsu Ketua KPU, Petugas PPLN Lapor ke DKPP

(Wahai para pemimpin), engkau menghidupkan harapanku dan aku mematikannya, dalam rentang waktu yang lama aku tidak bertemu saudara-saudaraku.

Dari timing wafatnya sastrawan ini, 1919 M, ia terkatagori khalaf, maka wajar jika karyanya mengritisi kondisi kekinian, semisal praktek demokrasi, meski memang ia tidak menyebutkannya secara langsung dengan lafdzun sharîkh. Dalam pemilihan, dimulai dari PILKADES, PILBUP, PILKADA hingga PILPRES, para kandidat cenderung menyampaikan janji manis seperti pendidikan gratis, makan gratis, kesehatan menjajikan, lapangan kerja semakin terbuka, infrastruktur modern dan lain sebagainya, dan memang hal-hal tersebut sejatinya adalah dambaan setiap warga.

Namun di sisi lain, diakui maupun tidak, pelaksanaan pemilu dengan multipartai juga menyisakan persoalan, misalnya adanya satu anggota keluarga yang berselisih dengan anggota keluarga lainnya gegara beda pilihan dan jagoan.

أدلي بإخلاصي و أذوذ عن # أعراضهم بجوارحي و لساني

Aku begitu ikhlas dan membela kehormatan mereka dengan fisik dan lisanku.

Para supporter, rakyat kebanyakan sebagai simpatisan, begitu luar bisa menunjukkan kecintaan dan dukungan kepada partai dan atau jagoan pilihannya. Lihat saja, betapa mereka rela berpanas-panasan atau kehujanan ketika menghadiri kampanye, memakai aneka atribut dukungan, sebagian pria merelakan mahkota di atas kepalanya dicukur dengan menyisakan nomer urut tertentu, bahkan jika ada yang menjelekkan atau merendahkan partai dan atau jagoan pilihannya maka serta merta akan dibela dengan aneka rangkaian kata walau ia bukan pujangga, adu mulut dan atau perang kata di media sosial yang ada.

Berita Lainnya:
Bupati Sidoarjo Dicegah agar Tak Keluar Negeri

محضتُهم ودّي فلمّا أيسروا # كانت بداية أمرهم نسياني

Aku mencintai mereka dengan tulus, dan manakala mereka telah hidup dengan mudah (karena kekuasaannya) ternyata mereka segera melupakanku.

Singkat kata pendek cerita, begitu luar biasa cinta, pengorbanan serta dukungan rakyat kepada kandidat pejabat. Namun, begitu mereka terpilih jadi pejabat serta merta tidak sedikit yang lupa dengan rakyat. Kalau guyonan kalangan santri: dulu sebelum menjabat pada saat kampanye rajin silaturrahmi dan tekun baca ayat Kursi, tetapi begitu dapat ‘kursi’, jadinya lupa ayat.

حسبي من الدنيا صديق ثابت # فرد فكنه و لا احتياج لثاني

Cukuplah bagiku (kini) di dunia ini teman sejati yang kepada selainnya aku tiada memerlukannya lagi.

Berdasarkan pengalaman empiris tersebut maka bisa disarikan bahwa dalam hidup ini, agar kita mau dan mampu mengejawantahkan dua tugas utama nan mulia: ‘Abdullah (mengabdi kepada Allah SWT dengan berbagai ibadah mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah) dan Khalifatullah Fil Ardhi (menebar kebermanfaatan bagi semesta sesuai potensi, kapabilitas dan kapasitas yang ada), yang penting adalah memiliki ‘close friend’ untuk bersinergi dalam kebenaran, kebaikan dan kesabaran.

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi