Senin, 15/04/2024 - 20:36 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIPERTANIAN

Ini Saran Mendag untuk Warga Supaya Harga Beras Premium Turun

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendapat keluhan pedagang di Pasar Klender SS, Jakarta Timur terkait harga beras lokal yang terus melonjak. Dalam keterangannya, Zulkifli menyampaikan, kenaikan harga beras terjadi karena suplai yang berkurang tidak mampu mengimbangi permintaan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Memang beras premium lokal harganya naik. Kenapa? Biasa, suplainya kurang. Kalau suplainya kurang, belinya nggak kurang ya pasti harganya naik,” ujar Zulhas dalam keterangannya, Senin (26/2/2024).

ADVERTISEMENTS

Kurangnya suplai, kata Zulkifli, terjadi karena musim tanam yang mundur akibat faktor cuaca dampak dari El Nino. Ia menjelaskan, jika biasanya musim tanam berlangsung mulai Oktober, November, dan Desember, tetapi untuk akhir tahun 2023 mundur. Sehingga, produksi padi mengalami penurunan.

ADVERTISEMENTS
Promo Takjil Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
SPKLU Rest Area KM 57A Catat Transaksi Tertinggi

“Karena kita tanamnya geser, mestinya Oktober, November, Desember hujan. Biasanya Agustus, September tanam, sekarang sudah panen,” ujar Zulkifli.

ADVERTISEMENTS
Promo Pembiayaan Ramadhan Ekstra Bank Aceh Syariah

 

Oleh karena itu, harga beras lokal akan terus meningkat jika kondisi ini terus berlangsung, sedangkan permintaan terus bertambah. Untuk itu, pemerintah menyiapkan alternatif dengan menggelontorkan beras program Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) Bulog maupun beras komersial lainnya.

ADVERTISEMENTS
Ramadhan Berbagi Bersama Bank Aceh Syariah

“Kalau itu yang terus dicari pasti itu harganya akan (naik), barangnya kan terbatas karena belum panen. Pemerintah menyiapkan alternatif, tadi Bulog, berasnya enak juga bagus. Ada beras komersial Rp 14 ribu Bulog, ada beras subsidi SPHP itu Rp 55 ribu per karung,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses Pelantikan dan Setijab Mayjen TNI Niko Fahrizal
Berita Lainnya:
Bulog Targetkan 250 Ribu Ton Beras SPHP Terdistribusi Hingga Lebaran

Zulkifli mengajak masyarakat untuk beralih sementara menggunakan alternatif yang disiapkan pemerintah sampai suplai beras normal setelah panen.

ADVERTISEMENTS
Semarak Ramadhan 1445 H bersama Bank Aceh Syariah, Diskon Belanja 50%

“Jadi sebetulnya kalau harga ini mahal diharapkan masyarakat bisa beli alternatif, bagus juga kok dari beras komersil Bulog atau SPHP, sehingga ini laju kenaikan beras lokal yang belum panen ini bisa tertahan kalo permintaannya turun,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh - Telkomsel, Beli Paket Data mulai dari 110K OMG melalui Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Periode 11 Maret - 11 April 2024

Sumber: Republika

AADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi