Rabu, 01/05/2024 - 19:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Teror di Moskow, 40 Orang Tewas

ADVERTISEMENTS

 MOSCOW – Setidaknya 40 orang meninggal dan lebih dari 100 orang terluka ketika pria bersenjata dengan pakaian kamuflase melepaskan tembakan dengan senjata otomatis ke arah orang-orang di sebuah konser di Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat (23/3/2024) malam. Serangan ini terjadi dua pekan setelah Amerika Serikat (AS) dan Inggris memeringatkan soal ancaman teror di Rusia.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dalam salah satu serangan terburuk di Rusia dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya lima pria bersenjata terlihat dalam video yang belum diverifikasi. Mereka berulang kali menembaki warga sipil yang berteriak-teriak yang meringkuk di ruang konser saat grup rock era Soviet “Picnic” hendak tampil.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Gedung konser berkapasitas 6.200 kursi di pinggiran barat Moskow, dekat pusat perbelanjaan yang juga disebut Crocus City, terjual habis untuk pertunjukan tersebut. Rekaman video lainnya menunjukkan orang-orang tersebut menembak orang-orang di bawah tanda masuk ke Balai Kota Crocus. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Orang-orang tergeletak tak bergerak dalam genangan darah di luar aula juga terlihat. “Tiba-tiba ada ledakan di belakang kami – tembakan. Ada ledakan – saya tidak tahu apa,” kata seorang saksi mata, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, kepada Reuters.

ADVERTISEMENTS

“Kerumunan terinjak-injak. Semua orang berlari ke eskalator,” kata saksi tersebut. “Semua orang berteriak; semua orang berlarian.” Api membumbung ke langit, dan gumpalan asap hitam membubung di atas tempat tersebut ketika ratusan lampu biru dari kendaraan darurat menyala di malam hari, menurut gambar dan video Reuters. Helikopter berusaha memadamkan api dan mengevakuasi sekitar 100 orang dari ruang bawah tanah, media Rusia melaporkan. Atap tempat tersebut runtuh, kata kantor berita negara RIA.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Kata Warga Soal Iran Serang Israel dan Potensi Perang Keduanya

Media Rusia melaporkan ledakan kedua di lokasi tersebut, dan ada laporan bahwa beberapa pria bersenjata telah membuat barikade di dalam gedung tersebut. Belum jelas siapa penyerangnya. Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab. Kementerian luar negeri Rusia mengatakan ini adalah “serangan teroris berdarah”. 

Dua pekan lalu, Kedutaan Besar Amerika di Rusia memperingatkan bahwa “ekstremis” mempunyai rencana untuk melakukan serangan di Moskow. Kedutaan mengeluarkan peringatannya beberapa jam setelah badan keamanan Rusia FSB mengatakan pihaknya telah menggagalkan serangan terhadap sebuah sinagoga di Moskow yang dilakukan oleh sel kelompok militan Islam Sunni, ISIS.Belum ada konfirmasi apakah ancaman terhadap sinagog itu yang dimaksud Kedubes AS.

Presiden Vladimir Putin, yang pada Ahad terpilih kembali untuk masa jabatan enam tahun yang baru, mengirim ribuan tentara ke Ukraina pada tahun 2022 dan telah berulang kali memperingatkan bahwa berbagai kekuatan – termasuk negara-negara di Barat – berusaha menabur kekacauan di Rusia. 

Berita Lainnya:
China Kritik Pedas Pertemuan Trilateral AS-Jepang-Filipina

“Vladimir Putin diberitahu tentang permulaan penembakan pada menit-menit pertama kejadian di Balai Kota Crocus,” kata Kremlin. “Presiden terus-menerus menerima informasi tentang apa yang terjadi dan mengenai tindakan yang diambil melalui semua layanan terkait. Kepala negara memberikan semua instruksi yang diperlukan,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova meminta komunitas internasional untuk mengutuk insiden tersebut, dan menyebutnya sebagai “kejahatan yang mengerikan”.

Ajudan presiden Ukraina Mykhailo Podolyak mengatakan Ukraina tidak terlibat dalam penembakan itu di saluran Telegramnya. “Mengenai peristiwa di Kota Crocus di pinggiran Rusia, di mana peristiwa tertentu terjadi hari ini, beberapa penembakan, beberapa tindakan teroris yang dilakukan oleh orang tak dikenal, mari kita perjelas, Ukraina sama sekali tidak ada hubungannya dengan peristiwa ini,” katanya.

“Saat ini tidak ada indikasi bahwa Ukraina atau warga Ukraina terlibat dalam penembakan itu,” juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby juga mengatakan kepada wartawan. “Saya tidak akan menyalahgunakan Anda pada saat-saat awal ini jika ada hubungan apapun dengan Ukraina.

”Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev menulis di aplikasi Telegram bahwa jika mereka yang bertanggung jawab atas serangan itu ternyata adalah orang Ukraina, “mereka semua harus ditemukan dan dimusnahkan dengan kejam sebagai teroris”.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi