Rabu, 01/05/2024 - 09:10 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Dokter: Lindungi Kulit Saat Cuaca Ekstrem dengan Pakai Sunscreen

ADVERTISEMENTS

Produk sunscreen (ilustrasi).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Dokter spesialis kulit dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) menyatakan penggunaan sunscreen masih efektif untuk melindungi kulit saat cuaca sedang ekstrem dan tidak menentu seperti di bulan puasa tahun ini.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Pemakaian sunscreen sangat penting di tengah suhu yang tinggi, terutama di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan paparan sinar matahari yang cukup intensif sepanjang tahun, dengan Indeks UV yang sangat tinggi,” kata Arini Astasari Widodo saat dihubungi Antara di Jakarta, Ahad (24/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Arini menuturkan pemakaian sunscreen dapat memberikan perlindungan pada kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung radiasi ultraviolet (UV). Proteksi yang diberikan dapat mencegah kulit mengalami penuaan dini dan kerusakan kulit lainnya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Makanan di Acara Halalbihalal Enak-Enak, Bagaimana Cara Jaga Badan Supaya Tetap Sehat?

Selanjutnya, sunscreen mencegah kulit jadi terbakar (sunburn) dari paparan sinar matahari. Sunscreen akan menyerap atau memantulkan sebagian besar sinar UV sebelum mencapai kulit.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Terkait dengan penuaan dini, ia menjelaskan sunscreen membantu kulit tampak lebih sehat dan jauh lebih muda karena menjauhkan kulit dari potensi hadirnya garis halus dan kerutan di sejumlah bagian.

“Sunscreen juga bermanfaat untuk mengurangi terkena risiko kanker kulit. Paparan berlebihan terhadap sinar UV dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit. Pemakaian sunscreen secara teratur dapat membantu mengurangi risiko ini,” kata wanita yang kini juga menjabat sebagai dosen dan peneliti di Fakultas Kedokteran UKRIDA itu.

Paparan sinar matahari juga menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Dengan demikian, penggunaan sunscreen bisa menjaga kesehatan kulit. Tentunya harus dikombinasikan dengan tindakan lain, seperti mengenakan pakaian pelindung, topi, dan menghindari paparan sinar matahari secara langsung pada puncak intensitasnya.

Berita Lainnya:
Menyebar Via Hubungan Seksual, Hepatitis akan Salip TBC Sebagai Infeksi Paling Mematikan

Arini yang juga alumni dari Harvard Medical School itu menekankan, mengabaikan penggunaan sunscreen dan seringkali menghindari perlindungan terhadap sinar matahari dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan kulit.

Oleh karena itu, penting untuk membiasakan diri menggunakan sunscreen setiap hari terutama saat beraktivitas di luar ruangan. Penggunaan sunscreen harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari, tidak hanya pada saat cuaca cerah atau ketika berada di luar ruangan.

“Perlindungan terhadap sinar matahari diperlukan sepanjang tahun untuk mencegah kerusakan kulit jangka panjang,” ujar dia.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi