Rabu, 01/05/2024 - 14:55 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

HIBURAN

Joko Anwar Sebut Film Horor Bawa Unsur Agama Wajar Asal Tujuannya Jelas

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Protes beberapa masyarakat terhadap film genre horor yang membawa agama masih terus bergulir. Kali ini film Kiblat harus menarik poster resmi film dari peredaran karena kontroversial.  

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Buka hanya dari judul film, gambar orang sholat terbalik yang terdapat dalam poster juga telah menuai kecaman. Ini dikritik sebagai eksploitasi dan kampanye hitam khususnya agama Islam.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menurut Sutradara Indonesia Joko Anwar, sebenarnya membawa unsur agama dalam sebuah film itu wajar. Sebab masyarakat Indonesia memang lekat dengan agama di dalam kesehariannya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Tapi jangan mengeksploitasi agama. Kita harus respect karena agama yang dijunjung tinggi dan diharagi masyarakat Indonesia sebagai bangsa yang beragama, jadi harus respect,” kata Joko Anwar kepada Selasa (26/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Wastra Indonesia Dinilai Berpotensi Jadi Bintang di Dalam dan Luar Negeri

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Kebanyakan sineas film pasti membawa topik yang melekat bagi masyarakat. Salah satunya tentu tentang agama.

Mau tidak mau, sebuah karya akan membawa unsur agama. Hal ini bukan hanya di film horor, melainkan berbagai genre, contohnya seperti memasukan unsur poligami dan sebagainya.

Tetapi, menurut sutadara Pengabdi Setan itu, memasukannya juga tetap harus digunakan dengan hormat yang tinggi terhadap agama, tidak boleh dieksploitasi. Kalau misalnya hendak membuat adegan yang berhubungan dengan agama, maka tujuannya harus jelas. 

“Misalnya ada orang-orang yang sholat diganggu, bukan hanya di film tapi itu kepercayaan kita bahkan dalam agama, ada setan yang mengganggu, tapi kenapa? Karena mungkin orang sholat bukan berserah diri kepada Allah,” kata Joko.

Di Pengabdi Setan, contohnya, ada yang sholat hanya karena takut setan, bukan sepenuhnya berserah diri kepada Allah SWT. Jadi jangan menggunakan simbol agama secara sembarangan termasuk soal sholat, karena itu sakral.

Berita Lainnya:
Caitlin Halderman Manfaatkan Peluang untuk Eksplorasi Genre Film

“Jadi harus jelas cerita film gak hanya untuk kaget-kagetan, serem-sereman, itu salah sih,” ujar sutradara Siksa Kubur itu.

Sebelumnya muncul kritik terhadap film-film terutama genre horor yang membawa bingkai agama. Hal ini dinilai sebagai kampanye hitam agama dan pembodohan umat lewat film horor Islami.

Film horor berbalut Islam kerap mengemas manipulasi jin, setan yang bisa membalas dendam pada manusia. Alih-alih menggunakan sosok manusia yang sudah mati. Film-film sebelumnya seperti Makmum, Qodrat dianggap bisa menjadikan orang takut untuk beribadah, dan ada pula adegan manusia terbunuh oleh jin. Padahal di dalam agama, jin dan setan disebut sebenarnya takut terhadap manusia. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi